Hallyangmu (한량무;閑良舞, tari hallyang) adalah tarian rakyat Korea yang meceritakan kehidupan bangsawan. Bangsawan yang disoroti adalah Bangsawan zaman Dinasti Joseon. Dilihat dari namanya, tarian ini bernama “Hallyang” yang memiliki arti sekelompok bangsawan. Bangsawan yang dimaksud ini merupakan bangsawan muda yang memiliki sifat malas dan hanya menghabiskan waktu untuk bersenang-senang.

Tari hallyangmun merupakan jenis tarian heoteunchum. Jenis tarian ini menampilkan tarian bebas tanpa struktur yang mutlak. Tarian Hallyangmu sekarang merupakan hasil koreografi profesional Korea Selatan sejak tahun 1980. Penari pentas ini menggunakan hanbok, baju tradisional Korea Selatan dan memakai berbagai aksesoris pendukung seperti topi dan kipas.

Image result for tari hallyangmu

Tarian ini berasal dari Dongrae, Busan Korea Selatan. Pagelaran tarian ini sejak tahun 1910 ditampilan di rumah-rumah hiburan dan acara pesta. Pemeran tarian ini memerankan kehidupan para hallyang dari mulai kehidupan sehari-hari hingga asmara. Peran yang digunakan adalah pejabat tingkat bawah, gisaeng, biksu, dan tentunya hallyang itu sendiri.

Tarian ini akan mudah kamu temukan karena tarian ini sering dimainkan di berbagai acara.