Presented by
Home TV Drama REVIEW DRAMA SWEET HOME: PILIH MENJADI MANUSIA ATAU MONSTER UNTUK MENUJU AWAL...

REVIEW DRAMA SWEET HOME: PILIH MENJADI MANUSIA ATAU MONSTER UNTUK MENUJU AWAL BARU

0
16
Presented by
Presented by

Tiap tahunnnya adopsi drama dari sebuah webtoon banyak kita temui. Tidak jarang banyak yang sukses selama penayangan. Salah satu drama adopsi dari webtoon adalah Sweet Home, dengan judul yang sama drama ini memulai season pertamanya dengan 10 episode. Drama ini seperti webtoon aslinya, memiliki genre gore, thriller, dan misteri.

Drama ini sendiri digadang-gadang menghabiskan 30 miliar won untuk produksi. Tidak seperti drama kebanyakan, Sweet Home hanya berdurasi sekitar 40 menit. Drama ini sendiri merupakan karya Sutradara Goblin – Descendants of The Sun.

PLOT
Drama ini diawali dari seorang anak muda Cha Hyun Soo (Song Kang), yang harus menerima kecelakaan yang dialami keluarganya. Ia terpaksa untuk meninggalkan rumah dan juga sekolahnya. Hyun Soo kemudian hanya bermodal PCnya melakukan pindahan menuju kompleks apartemen Green House. Hyun Soo mulai kehilangan akal dan berniat untuk bunuh diri melompat dari atas rooftop. Namun niatnya terhenti saat melihat wanita Lee Eun Yoo (Go Min Si) sedang menari ballet. Ia tetap memiliki rencana untuk bunuh diri, bahkan telah menyetel tanggal dia bunuh diri. Namun sebelum menjalankan aksinya ia malah dikagetkan dengan kejadian ganjal pada kompleks apartemen. Siapa sangka, kompleks apartemen yang baru ia tempati itu malah menjadi tempat yang membahayakan bagi dirinya dan penghuni lain. Di awal episode Hyun Soo dihadapkan seorang misterius penuh darah mengetuk apartemennya.

Saat beberapa orang ingin keluar dari apartemen karena menemukan hal janggal, pintu utama malah tidak bisa dibuka. Kemudian mereka bisa membukanya berkat pemilik toko. Namun tanpa disangka monster-monster keji dan kelaparan tengah menunggu mereka. Oleh sebabnya Green Home adalah tempat yang aman. Tapi nyatanya monster telah ada di dalam dan dapat masuk apartemen itu. Berujung satu demi satu penghuni Green House berubah menjadi monster, tak ketinggalan Hyun Soo sendiri.

GORE DRAMA
Tentu dengan tema gore kalian dipastikan tidak akan menemukan kisah romansa yang dramatis dan penuh sensasi. Kisah romansa hanya dibungkus dengan sederhana, lewat gerakan ataupun ucapan seperti pada obrolan Hyun Soo dan Eun Yoo. hal lain yang akan kalian temui adalah genre gore, penuh darah, pembunuhan, kesadisan dan kekerasan. Untuk berjaga-jaga jika kamu memiliki fobia melihat hal-hal seperti ini tidak diharapkan untuk menonton serial drama Sweet Home. Melalui drama ini beberapa adegan sangat jelas diperlihatkan, dari mulai memasukkan rokok kedalam mulut seseorang bahkan hingga aksi memukul kepala orang dengan menggunakan palu. Benar-benar kelihatan real hingga darah bercucur kemana-mana. Adegan seperti ini akan kamu temukan dari awal episode hingga terakhir.

Belum lagi monster-monster yang akan muncul dengan bentuk sesuai dengan perilaku orang yang terinfeksi selama hidupnya. Untuk membunuh monster ini pun tidak hanya dengan menembak atau memotong, kita harus membakar habis monster tersebut. Monster yang dibuat basis kostum dan CGI (Computer-Generated Imagery) juga bisa keluar dengan baik visualisasinya.

MANUSIA ADALAH MONSTER HINGGA KARAKTER MENARIK PARA PEMAIN
Monster, mungkin memang menjadi ikon dari drama ini. Namun karakter dari setiap pemain dalam Sweet Home sangat perlu dipelajari. Dalam hal ini manusia bisa menjadi monster paling berbahaya. Dalam keadaan mempertahankan diri, manusia cenderung akan melakukan segalanya untuk bertahan. Mereka bahkan bisa tidak peduli dengan orang lain yang juga saling berjuang bersama. Tak jarang kalian akan menemukan karakter-karakter sombong dan tidak mau mengalah dalam drama ini. Sisi jahat manusia bisa saja terlihat kapan saja. Dalam drama Sweet Home kita akan memilih menjadi manusia yang bekerjasama mempertahankan diri, atau berbuat ceroboh dan berakhir menjadi seorang monster. Itu semua pilihan. Penghuni Sweet Home yang bertahan merasakan kegelisahan di tengah-tengah infeksimonster yang menyebar.

Cha Hyun Soo, tokoh paling hopeless di awal episode, ingin segera mengakhiri hidupnya. Namun akhirnya ia diyakinkan untuk saling menjaga satu sama lain. Walaupun sudah terinfeksi ia memiliki keinginan untuk menolong sesamanya.

Lee Eun Hyeok (Lee Do Hyun), kalau sosok ini merupakan ketua dari kelompok penyitas monster. Ia merupakan mahasiswa kedokteran yang memiliki pribadi misteruis, tenang dan banyak ide. Walau memiliki karakter demikian dalam keadaan seperti ini ketua sangat diperlukan untuk menyusun strategi hebat. Eun Hyeok juga merupakan kakak dari Eun Yoo. Eun Yoo digambarkan sebagai wanita yang tidak kalah takut. Namun sebenarnya ia wanita yang sok kuat di luar, di dalam ia memiliki kesedihan karena tidak bisa mengapai mimpinya.


Seo Yi Kyung (Lee Si Young), merupakan mantan pemadam kebakaran. Ia juga ternyata adalah calon pengantin dari salah satu ilmuan yang mempelajari infeksi monster ini. Yi Kyung memiliki kemampuan dalam bela diri akibat profesi ia sebelumnya.


Han Du Sik (Kim Sang Hoo), lelaki yang pertama kali membantu Hyun Soo saat diserang monster. Lelaki yang berada pada kursi rodanya itu merupakan mantan detektif. Walau dengan keterbatasan ia memiliki kemampuan yang handal dalam menyitas monster. Ia juga menyiptakan alat-alat untuk memusnahkan monster.


Kemudian duo Yoon Ji Soo (Park Gyu Young) sang pemain bass dan Jung Jae Heon (Kim Nam He) sang guru sastra korea. Mereka dipertemukan pertama kali saat akan menaiki lift bersama. Walau pertemuan awal tidak berjalan baik, nyatanya mereka menjadi tim kuat dalam membasmi monster.


Muncul tokoh lainnya Park Yuri (Ko Yoon Jung) dan An Gil Seob (Kim Kap Soo). Mereka berdua merupakan kakek dan cucu yang aktif dalam membantu memusnahkan monster. Yuri sendiri seperti memiliki masa lalu dengan penghuni lain. Pyeon Sang Wook (Lee Jin Wook). Sang Wook pria dengan luka di pipinya. Hal ini mendukung penampilannya layak preman, belum lagi ia memiliki tatapan mengintimidasi dan jarang berbicara. Namun siapa sangka selama ini dia malah banyak membantu membasmi master dengan tangan kosongnya.

OST YANG PENUH SEMANGAT
Beberapa lagu menghiasi drama ini di antaranya Warriors – Imagine Dragons, SWEET HOME – MZ dan Chloe (Instrumen lagu yang dimainkan Ji Soo) dan BeWhy – Side By Side. OST drama memiliki nuansa misterius dan semangat seperti dramanya sendiri. Seperti lagu Warriors yang kerap kali muncul saat para penyitas melenyapkan monster memberi nuansa tegang dan semangat karena musiknya.

ENDING
Jangan berharap mendapat Ending yang jelas. Nasib-nasib para penghuni yang selamat belum tahu kejelasannya. Bisa dikatakan ending dari drama ini adalah “Awal Baru”. Jadi mari kita tunggu season selanjutnya untuk drama ini!

Boleh dibilang 10 episode Sweet Home menegangkan namun seru dan tidak membosankan karena penuh kejutan tiap episodenya. Saat menonton Sweet Home, kita dituntut untuk siap dengan segala adegan yang memicu adrenalin dan ketegangan. Banyak darah, kekerasan, dan bahkan monster dengan berbagai bentuk. Namun karenanya, Kru produksi patut diacungi jempol saat menampilkan monster yang terlihat realistis. Belum lagi darah yang bermunculan dalam setiap episodenya.

Presented by

NO COMMENTS