Review Film Korea Parasite “Ramuan Cerita Ala Wahana Roller Coaster”

0
295
Review Film Parasite

Sudahkah kamu menonton film Parasite? Beberapa hari terakhir memang banyak netizen yang membicarakan kerennya film garapan Bong Joon Ho ini di social media. Bahkan Sutradara Indonesia, Joko Anwar saja memuji film ini dengan mengatakan film jenius yang dibuat orang jenius karena membuat pikiran terbuka.

Secara keseluruhan Film Parasite ini memang mahakarya yang hadir sebagai kritik sosial. Tentunya sangat berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari. Parasite bercerita tentang dua keluarga yang memiliki kondisi ekonomi yang saling bertolak belakang, antara si kaya dan si miskin. Keluarga Mr Kim digambarkan sangat miskin karna harus tinggal di daerah kumuh dan tidak memiliki pekerjaan. Di satu sisi ada keluarga Mr Park yang sangat kaya dan tinggal di perumahan elit. Suatu hari, Park Ki Woo ditawari pekerjaan sebagai guru les untuk Da hye (anak Mr Park). Bahkan ia pun merekomendasikan seluruh keluarganya untuk bekerja di rumah Mr Park. Mereka berpura-pura tidak saling mengenal.

Cerita Ala Roller Coaster

Film Parasite ini menggambarkan realitas sosial yang mengajak penonton seperti sedang naik wahana Roller Coaster. Tentunya film ini bisa mengaduk emosi dari tertawa ngakak, nangis, stress, tegang sampai merinding ketakutan. Karena dalam tahap pengenalan (eksposisi) saja, penonton disuguhkan banyak scene yang bisa bikin senyum dan tertawa ngakak. Pada tahap ini sepertinya Bong Joon Ho memang ingin menyajikan genre komedi drama yang sangat khas tipikal film dan drama korea. Parasite ini seperti tidak bisa ditebak, bahkan penonton tidak tau akan dibawa kemana cerita Parasite ini. Karena banyak kejadian tak terduga, ada banyak lapisan kisah yang mengandung banyak pesan moral. Uniknya Sang Sutradara memulai konflik secara halus dan tanpa aba-aba berganti genre menjadi thriller.

Ramuan Cerita Masterpiece Bong Joon Ho

Hasil gambar untuk parasite bong joon ho

Film Parasite ini emang keren banget, jadi gak heran kalau film ini dapet standing ovation selama 5 menit. Dan bawa pulang penghargaan Palme d’or di Festival Film Cannes. Bong Joon Ho emang terkenal dengan banyak film populer. Film terkenal garapannya yaitu Memories of Murder (2003), The Host (2006), Snowpiecer (2013), dan Okja (2017). Pada scene bagian konflik, penonton tidak bisa menebak tokoh antagonis. Justru akan dikejutkan dengan kenyataan yang tanpa disangka-sangka. Mungkin Bong Joon Ho secara sengaja menyajikan itu agar penonton tidak mudah menghakimi para tokoh dengan menilai orang lain melalui sudut padang kita.

Scene Stealer dan Akting Cast Yang Memukau

Bong Joon Ho pintar memilih para cast yang membuat Parasite semakin memukau. Ia pun bahkan merekrut Song Kang Ho yang juga pernah bekerjasama dengannya dalam film The Host, Snowpiecer, dan Memories of Murder. Akting Song Kang Ho sebagai Kim Ki Taek, kepala keluarga dari keluarga Mr Kim pun sangat brilian. Meskipun tanpa sepenggal dialog apapun, penonton bisa ikut merasakan betapa frustasi dan sakit hatinya Kim Ki Taek melalui mimik wajah yang terpancarkan.

Jang Hye Jin sebagai Istri Kim Ki Taek pun memerankan Choongsook dengan sangat baik. Choi Woo Sik sebagai Kim Ki Woo, anaknya Mr Kim pun tampil dengan sangat memukau. Pria innocent yang pintar yang wajahnya imut namun di satu sisi memiliki ketakutan yang sangat dalam, meskipun itu di luar kemampuannya untuk melawan keadaan. Park So Dam dengan rambut coklat sebahu juga sangat cantik dan aktingnya sangat amat memukau. Mungkin ini karena Park So Dam terbiasa tampil dengan rambut pendek di semua dramanya.

Gambar terkait

Untuk kamu penggemar suara berat Ahjussi Lee Sun Kyun di My Ahjussi, kamu bisa lihat dia lagi sebagai Mr Park. Kepala keluarga yang seorang bussinesman yang gak begitu peduli dengan karyawan di rumahnya dan menjaga jarak dengan orang yang berada di bawah levelnya. Tapi pesona dia sebagai ahjussi emang tak lekang oleh waktu. banyak yang terhipnotis dengan pesonanya.

Hasil gambar untuk parasite film korea

Untuk kamu penikmat drama korea dan baru aja tamat nonton Beautiful World pasti gak asing dengan wajah istri Mr Pak, Yeon Kyo. Meskipun ada perbedaan yang sangat jelas dari karakternya di beautiful world dan Parasite. Tapi kemampuan aktingnya sebagai nyonya orang kaya yang innocent dan mudah percaya dengan orang memang patut diacungi jempol. Meskipun sang Anak Mr Kim, Dasong (Jeong Hyun Jun) dan Da Hye (Jung Ji So) tidak banyak sorotan tapi kemampuan akting mereka tidak bisa diragukan karena sudah banyak bermain di series korea. Tentunya Park Seo Joon yang berperan sebagai cameo pun menjadi scene stealer. Ia hadir sebagai Min Hyuk, teman Kim Ki Woo yang menawarkan pekerjaan sebagai guru les Dahye. Mungkin kehadiran Park Seo joon salah satunya karena kedekatan dan pernah menjadi lawan main Choi Woo Sik dalam drama Fight For My Way.

Hasil gambar untuk parasite film korea park seo joon

Realitas Sosial Penuh Pesan Moral

Film yang mengambil tema kesenjangan ekonomi ini memang tentunya berkaitan dengan realita kita sehari-hari. Tekanan hidup yang menghimpit terutama kondisi ekonomi yang kurang, membuat kita punya keinginan yang menggebu, meskipun itu diluar batas kemampuan, meskipun dengan menghalalkan segala cara, meskipun dengan memanfaatkan keadaan. Mungkin memang uang gak bisa membeli kebahagiaan kita, tapi uang bisa membuat orang yang gak berpikir jernih menghalalkan segala cara.

Kondisi yang berbanding terbalik saat hujan yang merupakan berkat bagi keluarga Mr Park dan menjadi bencana bagi keluarga Mr Kim ini juga menyajikan pesan moral yang cukup relate dengan kita. Sering kali mungkin sebagian dari kita pernah bahagia diatas penderitaan orang lain, meskipun itu secara gak sadar dan tanpa kita tahu kan. Tapi sensitivitas orang itu berbeda, dan emosi yang ditumpuk itu tanpa disangka-sangka bisa meledak dan menyebabkan malapetaka.

Parasite juga membuat saya sadar bahwa memang gak semua orang memiliki privilige yang membuat kita bisa menikmati hidup dengan nyaman. Ada beberapa kondisi yang mungkin bagi sebagian orang sulit untuk sekedar dibayangkan karna “gak pernah dialami”. Sehingga hadir dengan gestur atau kalimat yang akhirnya menyakiti hati. Sebagai contoh saat Mr Park menyinggung soal baunya Mr Kim. Meskipun perkataan itu gak dilontarkan secara langsung tapi ternyata Mr Kim yang tahu soal itu pun akhirnya jadi marah dan kecewa. Ada semacam harga diri yang terlukai seperti tidak dianggap, seperti ada gap antara orang kaya dan orang miskin lewat kata “bau” yang disinggung keluarga Mr Park. Terkadang diri ini secara gak sadar pernah menyakiti hati orang lain entah lewat gestur yang ditampilkan atau perkataan. Karna kita gatau kan kalimat mana atau perkataan apa yang membuat orang lain membenci kita. Jadi bersikaplah baik sama semua orang.

Kalimat yang bikin speechless adalah “rencana terbaik adalah rencana tanpa rencana”. Entah kenapa kalimat ini emang dari awal udah bikin merinding.

Rate : 9.8/10