Review Film Korea Ashfall

0
0
Review film ashfall

Annyeong chingudeul!
Sudahkah kamu menonton film Ashfall? Mungkin cerita mengenai bencana sering kita jumpai di berbagai film Hollywood ya. Tapi bagaimana jika Film disaster dikaitkan dengan masalah politik? Untuk mengisi weekend kamu, Ashfall bisa jadi salah satu film yang kamu coba untuk ditonton loh!

Film Ashfall bertemakan tentang bencana yang dikemas secara apik oleh sutradara Lee Hae Joon dan Kim byung Soo. Film ini dibuka dengan meletusnya gunung Baekdu dan menyebabkan gempa bumi sebesar 7.8 Skala Ritcher. Gunung Baekdu ini memiliki 4 titik magma yang akan meletus dengan sangat dahsyat dan menyebabkan kehancuran di Semenanjung Korea. Gunung Baekdu ini merupakan gunung berapi yang terletak di antara perbatasan Republik Rakray Tiongkok dan Korea Utara.

Image

Untuk mencegah kehancuran lebih dahsyat di kedua negara Korea, seorang profesor geologi Mr Robert (Ma Dong Seok) membuat skenario dengan probabilitas 3.48%. Skenario ini yaitu membuat ledakan kuat di salah satu titik Gunung Baekdu. Ledakan ini harus dilakukan sebelum letusan gunung terakhir. Namun, ide gila ledakan ini menggunakan senjata nuklir yang dimiliki oleh Korea Utara. Seperti yang kita ketahui hubungan Korea Selatan – Korea Utara memang tidak selalu baik, belum lagi ikut andilnya sekutu kedua negara.

Image

Konfilk Film Ashfall dimulai dengan Pemerintah Korea Selatan yang mengirimkan 2 Tim untuk mencuri nuklir di Korut dan meledakan nuklir di sekitar Gunung Baekdu. Sedangkan ide gila ini seperti bunuh diri dengan berbagai cara, masuk ke kandang musuh.

2 Tim tersebut terdiri dari Tim khusus yang membawa nuklir di terowongan sekitar Gunung Baekdu dan Tim teknis. Tim Teknis akan bertugas sebagai tim EOD (Explosive Ordnance Disposal) dan bertanggung jawab atas detonator. Tim teknis ini dikepalai oleh Jo Inchang (Ha Jung Woo). Dalam perjalanan menuju Korut, Tim khusus mengalami kecelakaan yang menyebabkan semua tim meninggal. Hanya tersisa tim teknis yang tidak mendapat bantuan dari siapapun. Namun mereka harus tetap menjalankan misi mencuri nuklir di Korut dan menjinakkan bom nuklir hingga membawa nuklir tersebut di terowongan Gunung Baekdu sebelum letusan terakhir.

Image

Ha Jung Woo berhasil menarik perhatian dengan aktingnya yang memukai. Ia berperan sebagai Inchang, penjinak bom yang sudah lama ga pegang senjata api. Tapi diberi amanah oleh pemerintah Korsel untuk meledakan nuklir di Gunung Baekdu. Mungkin untuk kalian yang pernah nonton Along With The God pasti kalian familiar dengan om kece satu ini.
Image
Lee Byung Hun juga turut andil dalam film Ashfall, ia berperan sebagai Ri JunPyeong. Seorang mata-mata sekaligus pengkhianat yang dipenjara di Korea Utara. Om Lee Byun Hun ini emang sering banget mondar mandir di film Hollywood loh gaes! aktingnya kece banget!
Image
Meskipun bukan menjadi pemeran utama dalam film Ashfall, Bae Suzy cukup mengambil perhatian karena memerankan wanita hamil yang harus bertahan hidup di tengah kisruh bencana. Bayangin ketika harus lari menyelamatkan diri saat harus berbadan dua!
Bukan Korea namanya kalau bikin karya gak menyentuh hati. Endingnya bikin hati tersentuh untuk hal yang tak terduga. Meskipun Ashfall mengangkat tema disaster, tapi memang banyak fokus ke masalah politik. Kehancuran Korea Utara karena letusan Gunung Baekdu, Tiongkoh yang justru mengincar nuklir milik Korut, serta Amerika yang tidak menyetujui misi bom nuklir di Gunung Baekdu. Cerita Film Ashfall memang sangat kompleks tapi gak bikin bosan kok. Mungkin bagi yang belum biasa nonton film korea akan merasa biasa aja dan terganggu dengan adanya komedi bromance antara Ha jung woo dan Lee byun hun. Tapi film ini bisa jadi pilihan kamu loh chingudeul dalam mengisi weekend kamu!

Happy watching!

Rate : 8/10