Drama While you were sleeping bertemakan fantasy, romance, thriller dan legal.  Hong joo, seorang wanita yang mempunyai kemampuan unik  dimana setiap dia bermimpi mimpi itu akan menjadi kenyataan. Mengetahui apa yang akan terjadi begitu menyiksanya apalagi saat dia mengetahui sesuatu yang buruk akan terjadi namun dia tidak berhasil mencegahnya seperti kematian ayahnya. Kenyataan bahwa dia tak bisa mencegah kematian ayahnya meskipun telah mengetahui seperti apa kematian ayahnya membuat Hong joo hidup dengan perasaan bersalah walaupun ayahnya meninggal saat dia masih remaja rasa bersalah itu tetap tak mau pergi dari hong joo.  Selama hidupnya Hong joo kerap berusaha mencegah hal buruk yang dia impikan akan menimpa orang lain namun perkataannya yang tidak masuk akal dan tak biasa membuat Hong joo tidak dipercaya dan dianggap orang aneh oleh banyak orang. Sampai suatu waktu hong joo bermimpi ibunya akan meninggal, dalam mimpinya penyebab ibunya meninggal adalah dirinya. Ini membuat hong joo sangat takut kehilangan ibunya.

Pada suatu malam bersalju saat dia akan pulang ke rumah tiba-tiba saja mobil Hong joo ditabrak dari pinggir oleh sebuah mobil yang pengemudinya adalah Jung jae chan yang mengaku menabrak hong joo dengan sengaja karena hong joo akan menabrak seorang pemuda sampai membuat pemuda itu meninggal. jae chan juga berusaha mengubah keadaan buruk yang akan menimpa hong joo jika dia tak menghentikan mobil hong joo akan mengalami nasib buruk dan ibunya juga akan meninggal jae chan melihat itu semua di dalam mimpinya, ternyata tak hanya hong joo mimpi jae chan juga bisa menjadi kenyataan ada sebuah alasan yang membuat mimpinya juga jadi nyata. Semenjak itu jae chan yang ternyata tetangga yang baru pindah rumah di dekat hong joo menjadi semakin dekat dengan hong joo karena mereka saling bergantian memimpikan nasib buruk yang akan menimpa mereka dan berusaha bersama-sama agar mimpi itu tidak terwujud. Jae chan yang seorang jaksa banyak menghadapi bahaya karena kasus-kasus kejahatan yang dia hadapi. Bagaimana cara mereka saling menyelamatkan lewat mimpi benar-benar seru dan bikin berdebar. Drama ini mempunyai cerita yang bagus dan plot twist yang sulit ditebak. pengambilan gambarnya bagus, visualnya oke sedih dan emosinya berasa cakepnya wajah pemain-pemainnya juga berasa sampai hati.

 

Karakter :

Jung Jae Chan diperankan oleh Lee Jong suk

Jung jae chan, seorang jaksa yang memiliki hati yang hangat dan baik namun tidak terlalu baik dalam pekerjaan. Bukan dia tidak bisa menyelesaikan kasus dengan benar hanya dia terlalu lambat dan sering diolok-olok teman-teman kantornya. Walau kurang cekatan sebenarnya jae chan adalah jaksa yang baik dan akan melakukan apapun untuk membuktikan kebenaran dia juga bisa melakukan apapun untuk menyelamatkan dan membantu orang lain. Jae chan memiliki seorang adik lelaki yang masih SMA dan kebersamaan mereka sungguh menimbulkan tawa. Kita bisa melihat bromance mereka yang lucu dan menghibur. dalam drama ini juga kita akan melihat jae chan mempunyai 2 sisi yang berbeda. Sisi kegagahan dan kepintarannya saat menjadi seorang jaksa yang bekerja dengan baik dan jae chan yang dapat diandalkan di sisi lain kita juga akan melihat sosok Jae chan yang kocak, kekanak-kanakan dan polos yang bikin kita gemas!

Lee jong suk adalah alasan terkuat gue nonton drama ini. bukan karena dia ganteng doang tapi juga karena aktingnya selalu bagus dan dramanya juga gak ada yang gagal. Dia selalu berhasil memerankan karakternya dengan baik. lee jong suk dan drama fantasy adalah perpaduan yang susah gagal! Menurut gue di drama ini lee jong suk memberikan performa akting yang memuaskan. Chemistrynya sama semua pemain oke banget! Sama suzy gue merasakan cintanya yang besar, sama adiknya gue merasakan cinta dan perhatiannya yang menyentuh walaupun mereka kerap tak akur tapi bromance mereka jadi hal yang ditunggu-tunggu.

 

Nam Hong joo diperankan Suzy

Hong joo karakternya sebagai wanita yang pintar, baik hati, dan rela melakukan apapun untuk orang lain demi kebaikan. Bertemu dengan jae chan adalah anugerah dalam hidup hong joo karena akhirnya dia bertemu dengan orang seperti dirinya dan juga rela melakukan apapun untuk menyelamatkan hidup orang lain. gue terharu melihat pertemuan mereka gue terhanyut dalam perasaan hong joo ketika akhirnya bertemu dengan orang lain yang mengerti dia dan sebaik jae chan tak heran diepisode awal hong joo sudah menunjukan rasa tertariknya pada jae chan buat gue ini gak kecepetan dan bukan Cuma karena dia berterima kasih udah diselamatkan kehadiran jae chan lebih dalam maknanya dari itu.

Gue gak nonton drama terakhir suzy bareng kim wo bin tapi melihat banyak komentar tentang aktingnya yang mengecewakan bikin gue sempet takut tapi pas gue nonton aktingnya Suzy lumayan kok. gak bagus-bagus amat dan gak jelek-jelek amat. Pas lah walaupun ada dibeberapa scene gue merasa acting Suzy gak natural. Katanya yang udah nonton drama dia sebelumnya akting Suzy di drama ini mengalami banyak kemajuan, walau banyak juga yang gak lanjut atau memilih gak nonton drama ini sama sekali karena Suzy. Ya ga apa-apa kok. semoga suzy actingnya terus membaik.

 

Han woo tak diperankan Jung Hae in

Han woo tak ini karakternya cukup gak diduga, kirain dia Cuma bakal jadi cameo ternyata dia jadi bagian penting dari cerita drama ini. woo tak adalah seorang polisi yang berhati baik, lembut dan tulus, dia juga orang yang perhatian dan amat memahami orang lain. dia tahu apa yang harus dilakukan pada orang lain tanpa dia harus mengatakan apapun terlebih dia juga pintar dan mempunyai kharisma yang membuat banyak orang terpikat. Woo tak, Jae chan dan hong joo menjadi dekat karena woo tak juga mimpinya bisa menjadi kenyataan. Dalam drama ini woo tak akan membantu jae chan dan hong joo untuk mengubah nasib buruk yang menimpa mereka dan orang-orang yang terlibat dalam kasus-kasus yang ditangani jae chan. Aksi trio sahabat ini begitu seru untuk ditonton.

Pertama kali liat Jung hae in gue merasa tidak asing ternyata karena dia pernah muncul sebagai cameo di drama populer yaitu Goblin dan Reply 1988. Perannya di while you were sleeping membuat dia mencuri perhatian banyak pecinta drama korea. Wajar saja karena pakaian polisi yang digunakannya membuat ketampanannya tak bisa dibantahkan lagi ditambah aktingnya begitu bagus dan menunjukan kebaikan dan ketulusan dari dalam hatinya. Dipertengahan gue sempet dibuat deg-degan karena ada beberapa scene yang membawa  pada kemungkinan karakternya berkembang ke arah yang mengejutkan.  Dan gue tidak merasakan Secondlead Syndrom karena meski suka pada hong joo woo tak tahu kapan harus berhenti dan tahu apa yang terbaik untuk hong joo dan bagaimana besar cinta antara hong joo dan jae chan. Woo tak tak merasakan cemburu, karena jae chan juga orang yang berharga baginya seperti bagaimana berharganya hong joo.

Lee yoo bom diperankan oleh Lee Sang Yeob

Lee yoo bom adalah karakter antagonis  yang tiap gue liat dia keinginan untuk mengumpat meningkat drastis. Lee yoo bom merupakan mantan jaksa yang sekarang bekerja sebagai pengacara di sebuah firma hukum ternama. Dia dikenal sebagai jaksa dan pengacara yang handal namun dibalik semua itu dia memiliki sifat yang buruk. Dia tamak, licik, manipulatif dan akan melakukan apapun untuk kemenangannya sekalipun itu hal yang dia tahu itu hal yang tidak benar. Dia juga sombongnya bukan main dia sempet merasa kalo semua orang itu menghormati dia sebagai mantan jaksa dan pengacara berbakat. Tapi Lee yoo bom ini bukan karakter yang sekedar jahat, karakternya cukup beda. Dia tahu yang dilakukannya gak benar tapi dia juga benci sama perbuatan jahat yang dilakukan orang lain hanya demi keselamatan dia akan dia melakukan perbuatan jahat apapun. Lee sang yeob cocok banget mainin karakter lee yoo bom ini mukanya mendukung banget buat mainin karakter jahat yang dibenci. Ngeselinnya dapet.

Atasan dan sunbaenya jae chan

Bujangnim, Shin geom, son geom dan lee geom adalah teman kantor dan atasan jae chan adalah sunbae terbaik dan selalu dukung Jae chan agar melakukan pekerjaannya dalam menangani beragam kasus dengan baik selain itu mereka juga lucu dan menghibur. Awalnya Shin geomsa gue kira orangnya rese ternyata dia baik. melihat bagaimana mereka berusaha membantu jae chan dan menghargai yang jae chan lakukan meskipun jae chan masih junior dan kurang cekatan bikin gue terharu karena rasanya jarang aja ada senior ditempat kerja yang kompak belain junior tanpa ada rasa persaingan kaya mereka gini. Mereka gak egois dan nerima kalau harus disalahin dan nerima kalo pekerjaan orang lain lebih baik dari dia dan menghargainya. Shin geom emang sempet gak terima disalahin tapi kan dia emang gengisan tapi sebenarnya punya hati yang baik. bakal kangen banget nih sama mereka semua! Kocak dan kompaknya ngangenin L

 

Ending :

Happy ending adalah sesuatu yang pantas untuk didapatkan Jae chan dan hong joo juga karakter lain di drama ini karena setelah banyaknya kejadian yang menimpa, mereka yang melakukan hal yang benar akan mendapatkan akhir yang bahagia. Meski sedih atas kepergian Pak choi tapi itu adalah keinginan pak choi karena sebenarnya dia bisa menghindari ini namun dia enggan dan memilih menghadapi takdirnya mungkin karena rasa bersalahnya dan dia juga sudah terlalu lelah dengan segalanya dan mungkin alasan kuatnya adalah dia ingin lee yoo bom dipenjara jadi dia berkorban. Scene kepergian pak choi ini sangat menyedihkan, tapi itu pilihannya dan yang terpenting dia meninggal dipelukan Jae chan dan jae chan mengatakan hal yang ingin dia dengar. Meski harus keluar dari kepolisian buat gue woo tak juga mendapatkan akhir yang bahagia karena menjadi polisi dengan dibebani kenyataan dia buta warna pasti sangat tidak mudah dan itu pasti menjadi beban yang berat untuknya jadi lebih baik dia mengakhiri kariernya sebagai polisi untuk hidup tanpa beban dan memulai sesuatu yang baru. Semua penjahat dihukum dan mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan sebagai balasan atas kejahatan mereka. seperti kata jae chan, “masalah akan berlalu. Ini mungkin tampak seperti hal besar tapi saat masalah berlalu, semua bukan apa-apa dan saat itu kamu akan membicarakan masalah itu seperti lelucon.”

Kekurangan :

  • Kisah romance jae chan dan hong joo ini buat gue kurang bikin berdebar, chemistry mereka bagus di awal-awal makin kesini entah kenapa gue jadi gak penasaran sama kisah cinta mereka gue jadi fokus sama kasus-kasusnya aja ini yang bikin gue kaget ketika tiba-tiba dramanya udah kelar aja. Gue juga gak banyak ngetweet tentang percintaan mereka itu artinya percintaan mereka kurang menimbulkan kesan yang mendalam Jae chan keliatan sungguh-sungguh mencintai hong joo tapi hong joo gue rasanya kurang keliatan cintanya. Gue malah senang melihat persahabatan Jae chan, Hong joo dan woo tak. Mereka manis dan lucu banget. Seandainya gak ada romance di drama ini juga gue gak masalah. Saling menyelamatkan sahabat tercinta juga tetep bisa bikin drama ini menarik. Ya ga mungkin juga sih kalo ga ada romance mubazir banget lee jong suk ama suzy yang cakepnya kebangetan.

 

  • Bagaimana akhirnya Lee yoo bom dipenjara ini buat gue rada aneh. Kenapa? Karena ini lee yoo bom yang kerap menunjukan kebencian yang teramat sangat sama perbuatan jahat kliennya tapi dia sanggup tanpa ragu membunuh orang lain untuk menutupi perbuatan liciknya tapi dengan mudahnya dia tertangkap saat menabrak Pak Choi rasanya proses tertangkapnya terlalu mudah dan terburu-buru. Seandainya dia mau bunuh pak choi juga gak di ruang terbuka gini sih harusnya. Gue tahu Yoo bom merasa dikhianati oleh pak choi yang sudah dia anggap dekat saat dia gak punya teman dekat tapi tetep aja masa sih dia harus bertingkah segegabah itu dan tertangkap? Gak cocok aja sama karakter yoo bom yang dibangun selama ini. dan yoo bom punya kebiasaan saat mendengar pernyataan dari kliennya yang berbuat kesalahan yoo bom akan melepaskan jam tangannya dan menyobek kertas menjadi potongan-potongan kecil. Gue kira ada cerita dibalik kebiasaannya ini ternyata ga ada. menurut gue sih bakalan lebih bagus dan menarik kalau ada plot twist misalnya di jam tangan itu ada rekaman semua kejahatan yang dilakukan kliennya dan kejahatan yang dilakukan oleh yoo bom dan jae chan berhasil menemukannya sebagai bukti atas kejahatan yoo bom.

 

Drama while you were sleeping sangat menghibur dan jadi tontonan yang membuat gue terhanyut dalam cerita yang dibawakan dengan alur yang rapi, kasus yang seru dan plot twist yang bagus. Thrillernya menegangkan tapi juga ringan gak terlalu berat apalagi bumbu humornya pun segar selera gue banget. Cerita yang fokus dan gak ngalor ngidul adalah keunggulan drama ini menjadikan setiap cerita berjalan mulus dan menghanyutkan.

Gue tidak diberikan waktu untuk banyak mikir dan hanya menikmati proses story telling di drama ini. meski ada beberapa kekurangan buat gue drama ini tetap bagus dan berkesan. Terlebih karena drama ini mengenalkan kita kepada sosok Jung hae ini yang ketampanannya bikin pengen dibawa pulang. Meski begitu gue tidak merasakan secondlead syndrom meskipun saat scene woo tak ngambil foto bayangan sama hong joo hati gue teriris tapi gue gak sampe ngerasain secondlead syndrom karena perasaan woo tak pun tulus ke hong joo dia gak berharap apa-apa dan dari awal sudah menerima bahwa hong joo cintanya sama jae chan. Persahabatan mereka bertiga yang terlalu manis juga bikin gue lupa sama cinta segitiganya. Over all ini drama yang recommanded bikin deg-degan sama kasusnya tapi bikin ngakak juga sama humornya. Daebak!

Rating: 8.9/10

Sekian review gue kali ini. sampai ketemu dikebaperan selanjutnya~

Author : Destri Ayu