true beauty review

Annyeong chingudeul!
Gimana rasanya abis ditinggal True beauty pas lagi sayang-sayangnya? Kalian ini team Seojun atau Suho nih?

True beauty ini drama adaptasi webtoon loh, meski belum tamat di webtoon tapi TvN bikin seriesnya dan diperankan oleh Cha Eun Woo, Moon Ga Young dan Hwang In Yeop. Tentu saja TvN bikin kita galau berminggu-minggu karena adanya cinta segitiga antara Suho(Cha Eun Woo), Jukyung (Moon Ga Young) dan Seojun (Hwang In Yeop). Drama ini tentang seorang gadis SMA yang insecure karena wajahnya yang dianggap tidak cantik dan jadi bahan bullying di sekolah lama, sehingga ia belajar make up dan pindah di sekolah baru setelah menemukan cara menutupi kekurangannya dengan make up. Akhirnya Jukyung ini berhasil mendapatkan teman di sekolah barunya, setelah dari dulu dia selalu ingin memiliki teman tapi ternyata tidak ada yang mau berteman dengannya. Selain mendapatkan teman, Jukyung menjadi siswi populer karena dianggap memiliki kecantikan bak malaikat dan membuat Suho dan Seojun, teman sekelasnya jatuh hati.

Self Love

Image

Drama ini mengajarkan penontonnya untuk belajar self love loh chingudeul! Untuk membuat kita jauh dari kata insecure karena kita cantik apa adanya meski tanpa riasan sekalipun. Yang paling penting adalah perlu mencintai diri sendiri, menerima kekurangan diri tanpa perlu jadi orang lain agar disukai orang loh.

Ada scene dimana Jukyung yang punya trauma jadi korban bullying di sekolah lamanya, ternyata foto dan videonya disebarluaskan dan jadi bahan pembicaraan di sekolah barunya. Padahal di sekolah barunya ini dia baru disukai teman-teman dan jadi idola karena kecantikannya. Semua itu karena Soojin teman yang dia ceritakan semua rahasia dan ketakutannya ketika ketemu perisak di sekolah lamanya. Tapi karena rasa sakit hati cinta Soojin ke Suho yang terbalaskan, akhirnya Soojin rela kehilangan sahabatnya dan bongkar video Jukyung.

Moment Jukyung galau karena aibnya terbongkar itu bikin sedih banget sih, tapi kakaknya ngomong ke dia “kamu yang memutuskan betapa berharganya dirimu. kalau kamu percaya diri, ga akan ada orang yang berani macem-macem“. Selain itu Suho dan Seojun selalu ada buat Jukyung dan bilang kalau Pakai make up ataupun engga, Jukyung tetaplah Jukyung. Intinya ya memang cintai diri kamu apa adanya.

Image

Tapi memang kita ini hidup di dunia yang penuh dengan standar society, apalagi soal penampilan, seseorang yang parasnya sesuai dengan standar society akan lebih dikagumi, dijadikan role model, dicintai dan dihargai banyak orang. Sedangkan kalau penampilan kita dibawah standar society yang ada akan jadi bahan bullying, dikucilkan, dibenci dan jadi bahan lelucon. Padahal lelucon itu kalau dua pihak itu ketawa bukan cuma satu pihak doang, ketika cuma satu pihak yang tertawa berarti itu udah mengarah ke perilaku bullying. Akhirnya korban bullying karena menurut society penampilannya dibawah standar, akan mengalami self esteem yang turun terus karena pondasi dasar self lovenya itu gak dibangun.

Jukyung merasakan perbedaaan ketika dia pindah dan udah sesuai standar society yaitu jadi cantik dan dia merasa diterima. Ada moment ketika dia dibully dan dia tanya alasan teman-temannya jahat tapi temannya jawab karena jukyung jelek. Jadi tentu aja itu jadi trauma tersendiri buat Jukyung. Tapi aku suka character building Jukyung, karena dia berhasil meningkatkan self esteemnya, dia berhenti hidup dibalik topeng yang selalu ingin menutupi kekurangan diwajahnya.

“No One is born Ugly, The problem is we living in judgemental society. So don’t forget to love yourself”

Persis yang pernah dikatakan Nam Joon BTS, gak ada yang terlahir jelek, sayangnya memang kita hidup di dunia yang penuh judgement. Kita memang hidup di dunia yang penuh dengan standar dan kita dipaksa harus memenuhi standar itu. Jika kita menjadi beda dan tidak sesuai dengan standar society, yang kita dapatkan hanya cacian, ejekan, dan penuh tekanan. Sayangnya semakin kita ingin memenuhi standar society, lalu semakin kita sadar bahwa kita gak akan bisa memenuhi standar itu, akhirnya yang terjadi adalah kita membenci diri kita sendiri karena kita yang tidak mampu memenuhi standar society. Itu yang terjadi pada Jukyung di sekolah lamanya, lingkungannya gak ramah dan justru mengagungkan kecantikan diatas kepribadian. pokoknya yang penting cantik, perilaku nomor sekian. Tapi ketika pindah sekolah, perlakuan teman-temannya jukyung juga beda. Apakah ini pengaruh pak Han Joon Woo?

Apa itu Teman Sejati?

Image

Hal yang sangat diinginkan Jukyung dalam hidup menemani masa remajanya adalah memiliki teman seperti anak remaja lainnya. Tapi sebaik apapun jukyung di sekolah lamanya, Jukyung tetep jadi pesuruh dan jadi korban ejekan temannya karena penampilannya. Tapi di sekolah barunya di hari pertama Jukyung justru ketemu dengan Soo Ah yang udah anggap Jukyung jadi teman. Akhirnya Jukyung punya teman hangout, teman belajar bareng pula. Semua itu dia dapetin, termasuk bisa temenan sama Kang Soo jin, cewek pinter di sekolahnya.

Penonton dikasih gambaran bahwa Kang Soo Jin ini tipe orang yang membela kebenaran, termasuk rela melawan perisak demi keadilan. Tapi karena masalahnya, justru Kang Soojin diubah jadi karakter yang menyebalkan. Padahal Kang Soojin ini rela bantu Jukyung menyembunyikan wajahnya dengan jaketnya, sesuatu hal yang bikin Jukyung sadar bahwa dia bertemu dengan orang yang tepat. Orang tepat untuk berbagi masalah dan rahasia, tapi jukyung justru ditusuk dari belakang dan dilukai tepat di luka karena traumanya.

Tapi yang aku suka adalah Soo Ah ini meski awalnya menjauh karena dirasa kecewa dengan Jukyung yang bohongin dia, tapi dia ini teman yang tulus. Bukan tipe orang yang memandang fisik doang buat berteman, dia terima Jukyung apa adanya sebagai teman dan juga merasa kecewa atas perlakuan Soojin ke jukyung.

Image

Persahabatan sejati juga ini ada di Seyeon, seojun dan Suho. 3 pria yang punya ketertarikan dengan musik, seyeon yang jadi idol dan harus depresi memutuskan untuk suicide dan membuat kedua temannya akhirnya menjauh karena salah paham. Persahabatan mereka ini indah banget dan keliatan saling bahagia terutama ketika bikin lagu buat Seyeon.

Image

Geng Seojun alias chorong n the geng ini juga manis banget, lucu banget ga sih ketika Chorong harus menyambut Seojun yang udah balik dari cuti dan selalu ngasih dukungan ke seojun, apalagi kudu dengerin curhatan dari Seojun soal masalah cintanya dan caranya seojun nembak cewek! gemes banget! Taehoon yang dari awal berusaha berteman sama Suho pun lucu banget, berusaha jadi mak comblang buat Suho sampe bikin Soo ah salah paham karena gamau satu grup. Dia juga orang yang ngerasa sedih ketika tau Suho sakit. Tapi chorong n geng dan taehoon ini emang lawak banget. punya temen kayak mereka ini rasanya ketawa mulu kali ya. lawak banget wkwk

Hidup Bukan Cuma Hitam Putih

Drama True beauty juga gak cuma ngasih pelajaran soal self love, tapi juga menekankan ke penonton bahwa manusia itu gak ada yang 100% hitam maupun 100% putih. Kita mungkin pernah jadi hitam dan putih untuk orang lain. Karena memang itulah manusia. Soojin hidup penuh tekanan dari orang tuanya yang gak pernah puas atas pencapaian dirinya. Akhirnya itu yang bikin dia juga gak puas dengan dirinya. Ada aja yang kurang sampai akhirnya ketika merasa sendirian dan sering dipukul ayahnya, dia dapet cahaya dalam hidupnya dari Suho karena perhatian yang gak dia dapetin dari keluarganya. Tapi rasa perhatian dari suho ini disalahpahami dan bikin dia ingin dapetin suho sepenuhnya meski harus mengorbankan persahabatannya dengan Jukyung. Soojin yang hidup penuh dengan tekanan, rasa benci ke diri sendiri sampai self harm, akhirnya justru membenci orang lain juga dan gak suka liat orang lain bahagia, karena dia sendiri gak bahagia.

Meski karakter Soojin ini sebentar jadi “jahat”, tapi kita dikasih liat kalau Soo jin juga merasa hal yang dia lakuin salah dan dia minta maaf meski butuh bertahun-tahun. Soojin gak sepenuhnya jahat sebenernya, dia cuma gak terbiasa buat menyadari emosinya dan semuanya masuk ke rasa benci terhadap dirinya dan orang lain.

Image

Level Tertinggi Mencintai Yaitu Melepaskan

Sebenernya dari awal team Suho tapi oleng mulu ke Seojun, karena gak bisa benci sama seojun. Karakter Seojun ini bener-bener ngajarin penonton buat berusaha ikhlas untuk hal yang bukan ditakdirkan miliknya. Yes Seojun membuktikan bahwa level tertinggi dalam mencintai itu ya melepaskan dan merelakan, meski hati sakit mencintai seseorang yang gak mencintai kita. Apalagi cewek yang dia taksir itu pacar sahabat sendiri. Double rasa sakitnya. Han Seojun dapet predikat anak baik TvN lagi, marga Han yang tersakiti karena writernim dan bikin dia harus nangis di pojokan tangga sendirian *hati tiba2 sakit adohh*

Untuk orang-orang yang nanya 2 tahun Seojun ngapain aja disaat Jukyung jomblo. Seojun itu selalu ada buat Jukyung sebagai orang yang bikin dia nyaman dan aman. Nemenin dia saat wisuda, nemenin Jukyung disaat sedih dan galau, nemenin makan dan tentunya selalu jadi tempat bersandar dan selalu jadi no 1 buat kasih semangat. Coba kalau di moment Jukyung lagi sedih galau gini, lagi butuh tempat buat bersandar, tiba-tiba orang yang dia percaya confess dan minta Jukyung jadi pacar. Bagaimana perasaan Jukyung coba? yang ada hubungan mereka malah berjarak, seojun menghindari itu terjadi dalam 2 tahun. Seojun menaruh jukyung sebagai prioritas meski harus mengesampingkan egonya sebagai laki-laki yang juga ingin dicintai *jleb. Seojun membuktikan dirinya sebagai pria yang bisa diandalkan meski di masa tersulit jukyung

Image

Tapi ketika Seojun meski dengan berat hati harus melepas jukyung meski tanpa memenuhi 3x dating. Dia bisa dapetin apa yang bisa bikin dia bahagia. Seojun debut sebagai idol dan dicintai banyak orang! Karena bahagia itu sumbernya ada banyak dan gak melulu soal bisa dapetin cinta yang diinginkan, tapi melepaskan dengan ikhlas dan fokus ke diri sendiri, meraih mimpi dan sukses juga itu bikin bahagia. Good job Seojun!

Dari Seojun aku belajar bahwa ketika ada hal di dunia ini yang gak sejalan dengan apa yang kita mau, yang justru rasanya bikin sedih dan hati hancur, percaya aja bahwa udah ada skenario indah buat kita di masa depan. Tentunya Seojun udah mencuri hati gue di True beauty karena suaranya yang bagus banget astagaaaa ^^

Image

Karena Bahagia itu asalnya dari diri sendiri

Aku selalu suka dengan kutipan yang bilang bahwa kebahagiaan kita itu tanggung jawab diri sendiri bukan tanggung jawab orang lain, bahagia itu adanya dalam diri. Meski ada hal tidak mengenakan dalam hidup tapi jalanin aja, hal tersulit akan dilalui bukan?

Terima kasih True beauty team! kalian semua hebat, makasih menemani aku selama ini di tiap minggu untuk terus bahagia! Untuk yang mencari hiburan bisa ditonton dramanya ya. serius rasanya semua masalah itu volatil aja gitu, karena isinya lawak semua. Tapi kita diajarin banyak hal dari drama ini. pokoknya paket lengkap, apalagi ada Cha Eun Woo blasteran korea – surga yang bikin kita ga berhenti buat menatap * eh wkwk

Image