Review Drama Thirty But Seventeen/Still 17 “Menyakitkan Jika Terjebak dalam Masa Lalu dalam Rasa Bersalah“

0
1387

Still 17 (English title) / Thirty But Seventeen (literal title) / 서른이지만 열일곱입니다 adalah drama yang dibintangi Yang Se Jong dan Shin Hye Sun yang terdiri dari 32 episode dengan durasi 35 menit setiap episodenya. Still 17 menceritakan seorang wanita berumur 30 tahun yang masih seperti orang usia 17 tahun. Kenapa demikian? Sebut saja Woo Seo Ri, gadis kecil 17 tahun itu mendapatkan kecelakaan besar dan koma selama 13 tahun lamanya. Selama masa rawat di rumah sakit dia dibiayai oleh seorang misterius. Saat dia mulai terbangun, Seo Ri berusaha menemukan masa lalunya, yaitu Paman dan Bibinya.

Di sisi lain seorang lelaki muda 17 tahun merasa bahwa itu adalah kesalahannya. Gong Woo Jin merupakan anak SMA yang mengagumi Seo Ri setelah ia melihatnya beberapa kali saat perjalanan di halte berikutnya ke sekolah ataupun pulang. Dia menemukan Woo Seo Ri di atas jembatan membentuk tangan indah dan meletakkannya di atas langit. Beberapa kali dia juga melihat gerak-gerik Seo Ri saat memainkan biola di sepanjang jalan, membayangkan not biola, memakai sepatu yang tak sama, dan tersiram air. Gong Woo Jin telah jatuh cinta pada Seo Ri dan memutuskan menggambar dirinya dan menyerahkannya kepada Seo Ri saat bertemu kembali.

Saat itu Woo Jin berkesempatan untuk bertemu Seo Ri di atas bus dan dia siap untuk memberikan gambarnya. Ketidaksengajaan itu berawal dari Seo Ri yang bertanya mengenai jalan dan harus berhenti di halte mana. Woo Jin menyarankan untuk turun di halte berikutnya. Namun saat ingin memberikan gambarnya, teman Seo Ri muncul dan Woo Jin kabur karena malu. Setelah turun Woo Jin merasa menyesal dan kemudian mengejar bus menuju halte berikutnya, hanya saja kejadian kecelakaan bus Seo Ri terjadi di depan mata Woo Jin. Woo Jin hanya mengenal Seo Ri sebagai Sunmi karena ia pernah mengenakan baju olahraga dengan nama tersebut. Waktu korban kecelakaan terungkap, nama Sunmi menjadi korban yang meninggal dan Woo Jin yang mengira itu Seo Ri menjadi sangat menyesal. Sejak saat itu Woo Jin merasa bersalah karena menyuruh berhenti di halte berikutnya. Woo Jin kemudian hidup selama 13 tahun dalam penyesalan.

Selang 13 tahun dalam keadaan koma, Seo Ri sadar dan mulai frustrasi dengan keadaan dia telah menjadi 30 tahun. Seo Ri kemudian kabur dari rumah sakit dan mencari rumah pamannya yang telah merawat dia. Namun ternyata rumah tersebut telah dijual dan dibeli oleh Woo Jin. Seo Ri kemudian menjadi salah satu anggota keluarga Woo Jin berkat keponakannya yang bernama Chan. Dia tahu kisah hidup Seo Ri dan merasa iba, kemudian Chan mulai menyukai Seo Ri sebagai seorang wanita.

Woo Jin yang masih memiliki trauma 13 tahun itu setiap melihat Seo Ri teringat pada kejadian kecelakaan tersebut. Hari demi hari Woo Jin mulai mencintai Seo Ri dan dia mulai melupakan kejadian 13 tahun yang lalu. Namun setelah mengetahui bahwa Seo Ri adalah wanita yang dulu ia kagumi, Woo Jin merasa bersalah dan memutuskan untuk pergi. Untungnya dia mengurungkan niatnya kemudian ia kembali dan mengungkapkan perasaan yang ia khawatirkan jika ia yang menyebabkan Seo Ri dalam bahaya 13 tahun lalu. Terkejutnya Seo Ri, kemudian bercerita bahwa ia juga telah mengagumi Woo Jin 13 tahun lalu. Ia malah menyebut Woo Jin seorang Crescendo nya. Dan Seo Ri mengungkapkan  bahwa kejadian masa lalu bukanlah kesalahan Woo Jin. Biasanya Seo Ri juga berhenti di halte yang sma hanya untuk berjalan menikati jalan-jalan yang dipenuhi dengan bunga.

Pemeran

Gong Woo Jin – Yang Se Jong

Image result for yang se jong still 17

Woo Jin merupakan pria yang bekerja di perusahaan perencanaan kecil sebagai Desainer panggung dan properti. Woo Jin memiliki kebiasaan yang membuat semua orang takut dan juga terheran karena kegilaannya. Dia senang membawa meteran dan mengukur semua yang terlihat menarik baginya. Maklum dia anak desain kali ya, tapi tidak begitu juga, di mata orang-orang disekitarnya itu sangat tidak wajar. Selain itu Woo Jin memiliki trauma yang berat atas kecelakaan 13 tahun lalu, hal-hal yang mengingatkannya pada masa lalu akan membuat dia lemas, berkeringat, dan pucat. Saat-saat ini penonton akan merasa kesedihan Woo Jin paling dalam. Suka sedih lihat dia depresi tiba-tiba. Ekspresi kasih sayangnya pada keponakannya, Chan, sungguh membuat wanita jatuh hati. Kebaikannya pada pembantu super hebatnya, Jennifer, juga akan membuatmu makin sayang dengan Woo Jin.

Woo Seo Ri – Shin Hye Sun

Related image

Anak berbakat dengan keahlian bermain biola ini harus benar-benar direnggut oleh kejadian kecelakaan 13 tahun lalu. Ia menjadi sangat depresi karena hidupnya telah sia-sia selama 13 tahun. Dia kemudian  mencoba bangkit dengan mengikuti pekerjaan Woo Jin sebagai kreatif dalam Desain panggung musik. Efek telah koma 13 tahun, peran ini sangat sempurna dimainkan. Sosok anak kecil bisa kita lihat dari wanita yang sudah terlihat 30 tahun itu. Seo Ri terkenal sebagai pekerja keras seperti saat ia kecil dulu. Seo Ri memanggil Woo Jin “Woo Jin ahjussi”, dia masih sulit untuk tidak melihat Woo Jin sebagai orang dewasa.  Kesembuhan Seo Ri dibantu oleh segala komponen keluarga Woo Jin, Chan dan Jennifer begitu menyayanginya.

Yoo Chan – Ahn Hyo Seop

Related image

Keponakan Woo Jin ini adalah atlet Dayung SMA Taesan. Dia sangat menyayangi mister Gong/Samchun nya. Beberapa kali dia melakukan latihan mendayung bersama dengan teman SMA nya. Chan yang masih berumur 17 tahun ini sangat cocok jika mengobrol dengan Seo Ri yang memiliki pikiran 17 tahun itu. Hal ini yang membuat Chan menjadi nyaman dan jatuh hati pada Seo Ri. Namun setelah mengetahui bahwa Seo Ri ahjumma adalah yang cocok dengan mister Gong, Chan hanya berpesan kepada Seo Ri agar menjaga mister Gong dengan baik. Chan sangat mencintai Mister Gong dan Seo Ri, tak salah jika kebahagiaan mereka adalah yang terpenting. Bisa dikatakan peran Chan ini sangat lucu dan energik, dia bahkan memelihara seekor anak ayam yang diberi nama Chick Junior yang dia rawat hingga menjadi ayam dewasa.

Jennifer – Ye Ji Won, Han Deok Soo – Jo Hyun Sik, dan Dong Hae Beom – Lee Do Hyun

Image result for Jennifer still 17Image result for Han Deok Soo dan Dong Hae Beom still 17

Jenifer adalah pembantu kontrak 6 bulan di keluarga Woo Jin. Dia sangat pintar dengan Wikipedia di otaknya. Jennifer tahu segala hal bahkan hal kecil pun. Salah satu kutipan yang bagus diingat dari Jennifer adalah “Satu-satunya obat dalam kesedihan adalah beraktivitas- J.H Lewes”. Kepribadian yang dingin dari Jennifer ternyata karena masa lalunya. Hal ini berhubungan dengan kecelakaan yang juga menimpa Seo Ri. Deok Soo dan Hae Beom adalah teman terbaik Chan. Mereka sudah menganggap rumah Chan adalah rumah mereka, Jennifer sebagai bibi yang harus dibantu, Seo Ri sebagai Ahjumma, dan tentunya Woo Jin sebagai Ahjussi kandung mereka sendiri. Sering sekali mereka mampir hanya untuk menyapa dan menumpang makan.

Kelebihan

Related image

Image result for Han Deok Soo dan Dong Hae Beom still 17Image result for still 17Selain dunia percintaan, drama ini mengajarkan tentang musik, kekeluargaan, kerja keras, dan persahabatan. Seo Ri yang merupakan pemain Biola membuat kita dikenalkan dengan Orchestra musik. Jennifer dan teman-teman Chan mengajarkan tentang bagaimana hubungan kekeluargaan dan persahabatan itu terbangun. Chan lebih memilih untuk tetap tinggal di SMA bersama teman-temannya dibanding dengan bergabung bersama pendayung profesional. Jennifer, walaupun pembantu namun memiliki kedekatan yang baik dengan Woo Jin sekeluarga. Dia peduli dengan segala hal untuk kebahagiaan mereka. Bahkan kerja keras Chan, Woo Jin, Seo Ri, dan Jennifer dalam hidup mereka menjadi contoh yang luar biasa. Chan  bekerja keras dalam mencapai kejuaraan mendayung bersama teman-temannya, Woo Jin berjuang melawan masa lalu yang kelam, Seo Ri berjuang menjalani kehidupan normal dan bangkit lagi, sekaligus Jennifer yang mulai mencintai dirinya sendiri dan berlapang dada.

Kekurangan

Bisa dikatakan drama ini tidak ada kekurangannya. Tidak berat dan tidak ringan alur ceritanya, mudah dipahami dan selalu memberikan kejutan di setiap episode.

Ending

Image result for episode 32 thirty but seventeen

Image result for episode 32 thirty but seventeenImage result for episode 32 thirty but seventeenEnding yang memang diharapkan oleh para penonton setia Still 17. Seo Ri ternyata juga menjadi pengagum rahasia Woo Jin, hal ini menjadi rahasia besar yang menyenangkan. Chan yang akhirnya lega mengungkapkan perasaan terhadap Seo Ri , mengambil berbagai keputusan dengan dewasa. Jennifer yang telah 6 bulan bekerja mencari kehidupan yang lebih nyaman dan kembali ke rumah Woo Jin dengan atmosphere yang berbeda. Yang tak kalah menjadi ending bahagia adalah akhirnya Woo Jin-Seo Ri menikah dan hidup bahagia sebagai paman dan bibi Chan. Tak kalah penting lagi, Chick junior telah menjadi ayam besar yang menggemaskan dan berada di pulau Jeju bersama dengan kakek Chan. Seo RI pun berhasil bertemu dengan Bibi dan Pamannya. Walaupun paman Seo Ri telah meninggal yang memberikan bekas luka yang mendalam. Setiap orang memilih keputusan masing-masing dan mereka bertemu bersama kembali di rumah Woo Jin untuk makan bersama sebagai perayaan kemenangan Chan.

DON’T THINK, FEEL !!!

Rate : 9.9/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here