Review Drama Sky Castle “Mencapai Kebahagian Tidak Harus Melalui Obsesi Berlebih”

0
240

Drama Sky Castle merupakan drama bergenre keluarga yang terdiri dari 20 episode. Drama ini menceritakan 4 keluarga yang memiliki obsesi untuk membuat anaknya menjadi penerus dalam pekerjaan orang tuanya. Para istri di lingkungan ini akan melakukan apa aja dalam menjamin kesuksesan suami dan anaknya. Sky Castle sendiri merupakan kediaman elite yang dihuni oleh kalangan atas seperti layaknya seorang dokter, pengusaha, dan professor.

Plot Cerita
Dikisahkan seorang anak dari keluarga penghuni Sky Castle bernama Young Jae berhasil masuk ke Jurusan Kedokteran Soul National University. Tentunya hal ini menjadi gempar di kalangan Sky Castle. Semua orang berlomba untuk mendapatkan portofolio Young Jae untuk meloloskan anak mereka ke kedokteran SNU. Tak ketinggalan sahabat ibu young Jae melakukan apa aja untuk mendekati ibu Young Jae dalam mendapatkan portofolio.

Keluarga yang bersikeras dalam merebutankannya adalah keluarga Seo Jin, Jin Hee, dan Seung Hye. Akhirnya Seo Jin menjadi orang yang mendapat trik dalam masuk universitas dengan mudah. Ternyata nasabah Bank Hannam akan melakukan suatu pertemuan untuk pembahasan mengenai pemilihan tutor untuk anak mereka masing-masing. Ibu Young Jae berpesan untuk memilih seorang pelatih yang hanya mengambil 2 orang murid setiap tahunnya. Seo Jin pun berhasil mendapatkan pelatih tersebut untuk anak nya, Ye Seo. Pelatih itu bernama Kim yang selalu bersama dengan kaki tangannya guru Jo.

Namun setelah itu, ibu Young Jae ditemukan bunuh diri. Sky Castle berubah menjadi kelam. Mereka semua mencoba mencari penyebab hal tersebut. Setelah kematian Ibu Young Jae, keluarga baru telah datang menggantikan menjadi penghuni rumah. Keluarga itu, Soo Im, bersahaja dengan anak yang tidak dipaksa untuk melakukan berbagai kursus layaknya anak-anak di Sky Castle. Namun anak tersebut berhasil mendapat peringkat terbaik di sekolahnya. Keberadaan keluarga baru tersebut menjadi polemik di kediaman Sky Castle. Soo Im sebagai penghuni baru penasaran atas kematian ibu Young Jae dan ingin menyelidiki hingga dia akan menulis buku tentangnya.

Hingga mengetahui jika ini berhubungan dengan Young Jae sekaligus pelatihnya. Seo Jin menjadi khawatir akan nasib keluarganya dengan pelatih Kim. Pelatih Kim melakukan apa saja untuk meloloskan muridnya ke universitas, legal ataupun ilegal. Semuanya yang terjadi seakan atas kehendak Pelatih Kim. Hal ini pun diperkuat dengan adanya Hye Na , teman anak Seo Jin yang mendapati kebusukan dari pelatih Kim.

PEMAIN
Keluarga Young Jae


Keluarga ini terdiri atas seorang ibu rumah tangga, ayah ahli ortopedik, dan anak Super genius. Young aja diharapkan masuk ke jurusan kedokteran SNU sehingga ia dilatih oleh Pelatih Kim. Namun tak disangka sesuatu terjadi dan membuat Myung Joo, ibu Young Jae bunuh diri. Keluarga tersebut kemudian menghilang. keluarga ini memiliki peran dalam membuka kisah pilu di Sky Castle.

Keluarga Seo Jin

Han Seo-Jin Jin, Kang Joon Sang, Kang Ye-Seo, dan Kang Ye-Bin
Keluarga ini terdiri dari Ayah kepala Bagian ortodok, Ibu rumah tangga, Ye Suh dan adiknya Ye Bin. Ibu Ye Suh melimpahkan obsesi ya terhadap Ye Suh agar mengikuti jejak ayah dan kakeknya karena mendapat tekanan dari mertuanya. Ye Suh harus bisa masuk ke UNS bagaimanapun caranya.  Salah satunya adalah menggunakan pelatih hebat, Kim. Seo Jin sebagai seorang ibu mendukung segala kesuksesan anak-anak nya. Keluarga ini terlihat memiliki latar belakang yang baik. Namun tak disangka mereka memiliki banyak rahasia dalam hidupnya. Ye Seo dan Ye Bin memiliki sifat yang berbeda, Ye Seo sangat Terobsesi atas sekolahnya namun Ye Bin tidak.

Keluarga Soo Im


Lee Soo Im, Hwang Chi Young, Hwang Woo Joo.
Keluarga ini terdiri atas ibu penulis, ayah seorang ahli bedah saraf, dan anak yang cerdas. Mereka datang di Sky Castle dengan banyak pertanyaan. Terjadi keanehan atas obsesi yang dimiliki setiap keluarga terhadap anaknya. Keluarga ini menjadi penentang segala kegiatan Sky Castle yang tidak masuk akal. Tak heran banyak keluarga yang membencinya. Keluarga ini memiliki keinginan untuk menyadarkan penghuni Sky Castle bahwa pendidikan anak bukanlah dengan paksaan.

Keluarga Seung Hye


No Seung Hye, Cha Min-Hyuk, Cha Se-Ri, Cha Seo-Joon, Cha Ki-Joon
Keluarga ini terdiri atas ibu rumah tangga lulusan doktor, ayah seorang professor hukum, dan anak – anak yang memiliki kecerdasan. Keluarga ini diluar terlihat baik, namun ternyata cara seorang ayah mengajar anaknya begitu pilu. Professor Cha selalu menurung si kembar untuk belajar di ruang kedap suara. Bahkan sering membentak dan memukul mereka jika tidak mampu menyelesaikan soal. Profesor Cha Terobsesi pada anaknya untuk mencapai puncak piramida. Namun tak disangka, cara yang pilu tersebut dibalas anaknya dengan kenyataan-kenyataan yang pilu. Seung Hye hidup dengan tekanan dari suaminya, walaupun demikian dia tetap berusaha menjadi ibu yang baik yang selalu ada untuk membantu anak-anak nya.

Keluarga Jin Hee


Jin Jin-Hee, Woo Yang Woo, Woo Soo-Han
Keluarga ini terdiri atas ibu rumah tangga turunan orang kaya raya, ayah seorang dokter orthopedic, dan anak laki-laki. Jin Hee menjadi ibu yang paling plinplan karena selalu memihak orang secara bergantian. Anak mereka memiliki kemampuan yang biasa sehingga keluarga ini juga melakukan kekerasan terhadap anaknya saat belajar.

Kim Joo-Young, Teacher Jo


Pelatih Kim merupakan pelatih ternama yang mampu meloloskan muridnya ke jenjang universitas dengan baik. Dia bekerja bersama Guru Jo dan beberapa staff lainnya. Namun tak disnagka pelatih Kim melakukan segala cara untuk mencapai tujuannya tersebut. Dia bahkan akan mengganggu lingkungan muridnya sesuai dengan yang ia inginkan utnuk menunjang keberhasilan nya. Bahkan ia melakukan berbagai motivasi gila pada muridnya. Tak disangka, sifatnya ini berkaitan dengan masa lalunya yang buruk.

Hye Na


Hye Na merupakan teman sekelas Ye Seo. Hye Na menjadi saingan Ye Seo karena termasuk siswa cerdas. Dia memiliki peran penting karena mampu mengetahui kebusukan pelatih Kim dan bagaimana Ye Seo mencapai kemenangan nya. Hye Na digambarkan sebagai seorang yang ceria, baik, dan berjiwa tangguh.

Kelebihan
Drama ini mampu membuat penontonnya mulai berfikir jernih dalam melakukan segala hal. Hal paling perlu digaris bawahi adalah Obsesi itu perlu, namun jangan Berlebih.

Salah satu hal yang diterapkan di dalam drama ini adalah menyangkut pendidikan anak-anak. Penonton diajak untuk tidak berlebihan obsesi dalam mencapai tujuan mereka. Orang tua di drama ini sangat memaksa anaknya dalam menjalankan proses belajar. Bahkan menggunakan berbagai cara untuk mencapai tujuan.

Bahkan dengan drama ini kita diajak untuk saling mengerti dan memahami bagaimana hubungan keluarga yang baik itu harus dijalani. Sebagai orang tua harus mampu memosisikan diri mereka sebagai seorang anak, begitu pun sebaliknya.

Setiap episode penonton akan disuguhkan berbagai pertanyaan pertanyaan yang Gila. Emosi dan pikiran penonton sungguh mampu dikendalikan oleh drama ini. Selain itu petuah hidup dapat banyak diambil dari drama ini, penonton dapat belajar berbagai kegiatan mana yang positif dan tidak, bagian bergaul dengan tetangga yang baik, dan bagaimana mengatur emosi diri saat menjalani hidup.

Walaupun Sky Castle penuh dengan iri dengki, namun terdapat satu kegiatan Sky Castle yang dapat menjadi panutan, yaitu adanya grup Membaca Buku. Kita dapat meniru kegiatan ini untuk memperbanyak pengetahuan.

Drama Alert
Drama ini dipenuhi dengan konflik hidup yang rumit. Dari mulai keluarga, pendidikan, dan persahabatan. Bahkan peran  setiap tokoh di sini yang berkaitan tentunya akan membuat penonton harus mendalami setiap karakter lebih dalam. Jika seorang tidak menonton drama ini dari awal maka tidak akan mudah untuk menyusun keterkaitan antar tokoh. Setiap tokoh memiliki cerita yang saling berkaitan sehingga mempengaruhi satu Sama lain.

Ending


Pelatih Kim mendapatkan balasan atas semua yang dilakukannya. Soo Im mampu menyadarkan keluarga Sky Castle untuk mendidik anak-anak dengan cara yang lebih manusiawi. Diterbitkan buku berjudul “Goodbye Sky Castle” yang merupakan riset Soo Im dengan Young Jae sekaligus cerita cerita penghuni Sky Castle. Seo Jin, Seung Hye, dan Jin Hee mulai menata kembali kehidupan keluarga mereka menjadi lebih baik lagi.

Rate 9.9/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here