Hallyuvibe!

Review Drama Move to Heaven: Mendiangpun Bisa Bicara

Move to Heaven merupakan karya dari Director Kim Sung Ho dan penulis Yoon Ji Ryeon. Drama ini hanya berisi 10 episode dan berdurasi ± 45 menit tiap episodenya. Move to Heaven menceritakan tentang jasa pembersihan TKP yang dikelola oleh ayah dan anak yang menyandang Asperger. Sindrom Asperger adalah gangguan perkembangan yang memengaruhi kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif. Selain membersihkan, mereka juga berusaha tahu apakah mendiang meninggalkan pesan penting yang harus tersampaikan.

Review Drama Move to Heaven

“Bahwa Mendiangpun Bisa Bicara”, Itulah yang dikatakan Move to Heaven.

Alur

Han Geu Ru (Tang Joon-Sang) adalah seorang pria muda dengan sindrom Asperger. Dia bekerja untuk bisnis “Move To Heaven.” bersama ayahnya Han Jeong U (Ji Jin Hae). Mereka memiliki tugas untuk membersihkan TKP dan menyimpan barang berharga almarhum untuk diserahkan pada keluarga atau orang terdekat. Kehidupan Geu Ru normal bersama ayahnya, namun secara mendadak ayah Geu Ru meninggal dan menitipkan Geu Ru agar diasuh oleh pamannya Cho Sang Gu (Lee Je Hoon).

Sang Gu merupakan pegulat dan pernah masuk ke penjara karena kasus bertarungnya. Setelah ia keluar dari penjara seorang pengacara Oh Hyun-Chang (Lim Won Hee) mendatanginya dan mengatakan jika Sang Gu akan jadi wali bagi Geu Ru.

Drama ini penuh dengan gejolak emosi dan perasaan. Kita diajari untuk menghormati dan menyayangi orang yang masih hidup ataupun sudah tiada.

Pemain

Tokoh utama dari serial ini adalah Lee Je Hoon (Cho Sang Gu), Tang Joon Sang (Han Geu Ru), Hong Seung Hee (Yoon Na Mu) dan Ji Jin Hee (Han Jeong U). Selain keluarga dan teman mereka saling terikat sebagai pegawai Move to Heaven. Pengembangan peran dari tokoh Sang Gu sangat epik, dimana awalnya ia dingin berubah menjadi baik karena menyadari bahwa setiap orang itu berharga dan Jeong U (kakak tirinya) tidak menghianatinya. Geu Ru yang diperankan Joon Sang juga patut diapresisasi. Ekspresinya sangat nyata sebagai peran orang yang mengalami sindrom Asperger.

Na Mu, teman terbaik Geu Ru. Ia membantu Geu Ru apabila ada masalah, peran dia sangat murni, apa adanya. Ibarat Na Mu tidak suka, maka ia akan bilang tidak suka. Dalam film ini, peran Jin Hee sebagai Jeong U menggambarkan kita bagaimana mendidik anak yang memiliki kelebihan khusus.

Review Drama Move to Heaven

 

Pemain lain dari drama ini adalah pekerja sosial Soon Yu Rim (Sooyoung), Jaksa Ju Yeong (Yoon Ji Hye), pengacara Oh Hyun-Chang (Lim Won Hee), jasa sampah Park Joo Taek (Lee Moon Sik), dan polisi Park Jun Yeong (Yang Hongseok).

Tidak Biasa tapi Penuh Makna

Banyak drama yang mengangkat pekerjaan yang tidak biasa, seperti Private Life seorang fangirl, Let’s Fight Ghost sebagai pemburu hantu dan Clean with Passion for now sebagai jasa kebersihan. Move to Heaven sendiri juga kini masuk di dalamnya. Jasa pembersih TKP diangkat dengan sangat baik. Move to Heaven selalu berdoa dan meminta izin pada mendiang untuk dibersihkan tempatnya. Khusus Geu Ru ia akan mendengarkan lagu demi ketenangannya. Mereka juga menyisipkan jasa pembuang sampah yang digunakan Move to Heaven, dimiliki oleh Park Joo Taek (Lee Moon Sik). Melalui jalan cerita Move to Heaven kita bisa mengetahui bagaimana sifat manusia yang tidak baik.

Review Drama Move to Heaven

Melalui episode 1 saat Move to Heaven melakukan pembersihan kamar seorang ibu tua, yang ternyata menyimpan banyak uang di bagian bawah karpetnya, anak dan menantunya hanya menginginkan itu. Tidak ingin tahu lebih tentang hidup ibunya. Kita diajarkan untuk hormat pada orang tua dan menyayanginya. Tidak boleh lupa dan berbuat buruk meski sudah memiliki keluarga lain.

Review Drama Move to Heaven

Saat seorang meninggal, lingkungan tempat kejadian juga mengusir Move to Heaven karena dianggap mengganggu. Hal itu tentu menggambarkan kehidupan sekitar, ada kalanya orang akan mendukung atau menolak perbuatan kita walau itu jelas perbuatan baik.

Review Drama Move to Heaven

Orang tua Na Mu, Yoon Young Soo (Jung Suk Yong) dan Oh Mi Ran (Jung Young Joo) memiliki sifat yang sangat berbeda untuk mendukung anaknya. Berbeda dengan ayah Na Mu, Ibu Na Mu lebih memilih Namu agar dekat dengan orang lain dibanding dengan Geu Ru yaitu Park Jun Yeong (Yang Hongseok). Sehingga saat Na Mu bermain atau membantu Geu Ru, ibunya tidak suka. Padahal sejatinya setiap orang memiliki kelebihan masing-masing.

Bagaimana Menanggapi Keingintahuan

Geu Ru sangat pandai, ia mengingat apa yang pernah ia lihat atau pelajari. Ia bahkan mengingat berapa kali Sang Gu melanggar aturan lalu lintas hingga ia menolak diberi kartu pengenal jaksa karena sudah hafal dalam sekali melihat. Selain pandai dalam kognitif dan intelegensi, Geu Ru yang memiliki sindrom Asperger memiliki Keingintahuan yang sangat tinggi terhadap sesuatu. Hal ini menuntut orang di sekitarnya menjelaskan dengan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti.

Review Drama Move to Heaven

Dalam drama ini kita dilatih menanggapi pertanyaan lugu yang bisa dilontarkan anak-anak polos seperti Geu Ru. Seperti pada episode 5, kasus mengenai percintaan sesama jenis. Saat itu orang tua korban tidak setuju bahkan membakar surat cinta yang ditemukan Geu Ru. Ia bingung kenapa orang tuanya tidak setuju dan malu “Seharusnya malu karena tidak bisa mencintai. Mencintai seseorang tidak memalukan.”

Review Drama Move to Heaven

Hal ini ditanggapi Sang Gu tenang dengan mengatakan bahwa korban memiliki percintaan yang tidak biasa dibanding dengan orang lain. Ia tidak menjelaskan lebih bagaimana hubungan homosexuality.

Penuh dengan Kesedihan

Dari awal episode memang sudah menyayat hati. Kasus anak yang hanya menginginkan uang ibunya sangat memilukan. Belum lagi episode selanjutnya.

Review Drama Move to Heaven

Penyesalan dialami oleh Sang Gu, setelah tahu kebenaran kakaknya, rasa benci pada kakaknya luntur. Ia sadar harusnya mencari tahu kenapa Jeong U tidak hadir sesuai janjinya.

Review Drama Move to Heaven

Momen yang menyediakan lain adalah saat Geu Ru melakukan pembersihan TKP kamar ayahnya. Ia menemukan foto dan video yang ditinggalkan oleh ayahnya. Di dalam sana jelas terlihat bagaimana Jeong U menyayangi Geu Ru. Selain itu Sang Gu juga melakukan pembersihan kamar bagi anak didiknya Kim Su Cheol (Lee Jae Wool), yang ia lawan dan menyebabkan koma.

Review Drama Move to Heaven

Momen lain yaitu saat Sang Gu diinginkan Geu Ru sebagai walinya untuk seterusnya.

Rate

9.9/10

tachan

Tukang scroll twitter buat fangirlan ♡
Suka nyambungin moment bias

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.