Review Drama Korea Romance Is Bonus Book “ Belajar Kehangatan Dari Sebuah Buku”

0
58

“ Sebuah buku mungkin memang tak bisa mengubah dunia atau kehidupan seseorang. Tapi buku yang bagus pasti akan dibaca oleh banyak orang. Kemudian sedikit demi sedikit bisa menghangatkan hati orang-orang. Seperti kau bersembunyi diantara kalimat sebuah buku saat tersesat. Sebuah buku bisa menenangkan orang lain.”

Drama Romance Is Bonus Book menceritakan kisah cinta Cha Eun Ho, seorang penulis sekaligus Kepala editor perusahan publisher Georyoo dengan seorang single parent bernama Kang Dani. Kang Dani merupakan lulusan universitas bergengsi dan memiliki pengalaman sebagai copywriter di perusahan periklanan. Tapi semenjak memutuskan menikah, Ia memilih hiatus sampai akhirnya Ia harus cerai dengan suaminya dan kehilangan rumah yang ia beli. Bahkan Kang Dani harus hidup menumpang di rumah Cha Eun Ho, seorang sahabat yang sudah dianggap adik tanpa sepengetahuan Eun Ho. Kesulitan ekonomi semenjak cerai dengan suaminya, membulatkan tekadnya untuk kembali bekerja. Ia percaya diri dengan berbagai penghargaan dan pengalaman kerjanya, namun itu tak cukup menjadikan Ia diterima oleh perusahaan yang Ia lamar. Karena putus asa, maka Ia memutuskan untuk melamar di perusahaa Georyoo sebagai tim pembantu dengan memanipulasi pengalaman kerja dan pendidikan S1nya.

Belajar Dari Tegarnya Tokoh Kang Dani

Drama ini dibuka dengan Kang Dani yang kabur saat hari pernikahannya karena ada rasa takut yang menghantui, meskipun ia mencintai pasangannya, tapi ada perasaan khawatir untuk mengikat janji. Setelah bertahun-tahun menikah dan punya anak, rasa khawatir yang pernah menghantuinya dulu ternyata menjadi kenyataan. Suaminya berselingkuh dan meminta cerai sampai harus membuat Kang Dani meminta maaf dan mengemis agar suaminya tidak pergi. Bahkan Kang Dani harus kehilangan rumah yang telah ia beli. Pernikahan yang dimulai dari rasa cinta yang menggebu-gebu dan ingin segera saling memiliki dalam ikatan pernikahan seketika menguap begitu saja. Cinta membuat hidup seorang Kang Dani hancur.

“suamimu tak akan kembali. Dia tidak akan kembali meskipun kau menangis”

Tapi meskipun awalnya, Kang Dani merasa hancur dan rapuh karena kepergian suaminya, akhirnya Ia mencoba bangkit dan tetap kuat. Ia mencoba melamar pekerjaan di berbagai perusahaan periklanan untuk membiayai sekolah anaknya. Namun semua tidak terasa gampang, hiatus bekerja membuatnya kesulitan diterima di perusahaan manapun. Beberapa interviewer bahkan menganggap bahwa Kang Dani hanya malas-malasan selama menjadi ibu rumah tangga, padahal Ia merasa bekerja cukup keras untuk menjadi ibu dan istri yang baik. Kang Dani selalu mengurus rumah, memasak, menyiapkan makan, mencuci, membersihkan toilet bahkan mengurus suaminya yang mabuk, dan itu ia lakukan setiap hari.

Dalam keputusasaan untuk menghasilkan uang, ia menemukan bahwa perusahaan Georyoo sedang membutuhkan karyawan salah satunya karyawan kontrak sebagai tim pembantu yang tidak membutuhkan kualifikasi pendidikan dan pengalaman. Sehingga ia bertekad untuk melamar dan memanipulasi penghargaan, pengalaman dan pendidikan S1nya menjadi lulusan SMA.

Saat proses interview di Georyoo, peserta diminta untuk menulis surat untuk diri sendiri. Dan surat Kang Dani sangat menyentuh, tentang caranya yang salah mencintai dirinya dan hanya memprioritaskan orang lain. Ada scene saat Kang Dani harus rela memakan biji mangga ketika anak dan suaminya makan dagingnya, Ia hanya bilang bahwa Ia sangat menyukai biji mangga. Cintanya Kang Dani kepada anak suaminya melebihi cintanya ke diri sendiri. Dani harus rela rendah diri, meminta maaf atas kesalahan orang lain, beres-beres rumah setiap hari, ngurus anak dan suaminya. Dan tentunya pasti sedih kalau berada di posisi kang dani, karena kita sudah mencoba ngertiin orang lain, tapi ternyata orang tersebut gak ngelakuin hal yang sama ke kita. Kadang kita lupa dengan kita memprioritaskan orang yang kita cintai sampai lupa bahwa diri kita juga harus jadi prioritas, diri ini harus bahagia

“kita sudah melewati 37 tahun bersama. Aku tahu kau sudah berusaha. Maaf aku kurang menghargaimu, maaf aku salah memperlakukanmu. Maaf aku membuatmu rendah diri. Maaf aku membuatmu bekerja keras, itu pasti sulit bagimu. Kau pasti ingin menangis. Tapi kau selalu tersenyum. Terima kasih sudah tetap kuat. Mulai sekarang aku ingin kau bahagia. Lupakan masa lalu, hiduplah untuk masa kini. Setiap hari, pikirkan masa depanmu. Apa yang mau kau lakukan? Apa yang kau sukai? Cari jawabannya lagi, tetaplah kuat sampai akhir”

Sosok Kang Dani ini emang panutan banget, karena walaupun keadaan menghimpit, dia tetap gak mau mengemis untuk minta bantuan orang lain. Ia lebih memilih menumpang diam-diam untuk makan dan mandi di rumah Cha Eun Ho dan tidur di rumah lamanya yang akan dihancurkan. Kang Dani akan tetap kuat dan gak mudah menangis. Kalimat favorit gue adalah “satu hal yang diajarkan air mata, fakta bahwa menangis tak selesaikan apapun. Bahwa dunia berubah selagi hidupku tetap sama” Dunia akan tetap berjalan meskipun tanpa kita didalamnya, jadi jangan sedih kalau merasa hidupnya flat, atau gak dapat pengakuan dan gak pernah dihargain orang lain dan kerja keras yang kita lakukan terasa sia-sia.

Cinta dalam Diam Cha Eun Ho dan Song Hae Rin

Tokoh Cha Eun Ho yang mencintai Kang Dani dalam diam ini bikin terharu. Apalagi saat kodenya Cha Eun Ho yang bilang kalau seseorang bilang bulannya indah berarti artinya aku mencintaimu. Atau saat Eun ho yang ditanya sama mantannya apakah dia mencintai Kang Dani, tapi jawaban Cha Eun Ho justru manis banget.

Eun ho bilang “ saat dani tersenyum, aku bahagia. Saat Dani menangis, hatiku sangat hancur. Saat dia kesulitan, aku pun begitu. Aku rindu saat dia tak ada. Jika itu disebut cinta, maka aku cinta dia. Aku akan sangat berhati-hati hingga orang mengira aku ragu-ragu. Aku ingin memastikan 100 kali lagi tentang perasaanku padanya dan seberapa kuat perasaannya padaku. Aku juga ingin menunggu hingga perasaanku dibalas olehnya. Dia tak bisa kupacari atau kuputuskan seenaknya”.

Ada saat-saat dimana Ia ingin Kang Dani tahu perasaannya tanpa harus diberi tahu. Ada scene yang bikin terharu apalagi untuk kamu-kamu yang senasib dengan Eun Ho, sedang memendam perasaan suka dengan orang lain.

Aku tak tahu kapan tepatnya perasaanku mulai tumbuh. Aku menyukaimu, tapi aku tak berniat memaksakan perasaanku padamu. Jadi lakukan apa maumu seperti biasanya. Berkencan dengan seseorang jika memang kau sedang menyukai seseorang. Kau tak perlu berubah. Kau cemas aku akan menderita dan kesepian? Aku tak akan menderita karena menyukaimu. Aku bekerja dan terus melakukan hal yang ku suka, membaca buku atau menulis. Kenapa ku korbankan hidupku untuk cinta? Jangan terlalu dianggap serius


Dan scene menyakitkan cinta dalam diamnya Song haerin ke cha eun ho yang gak berbalas, padahal udah kode kalau mabuk mampir ke rumah cha eun ho. Kode minta traktir dan minta dianterin pulang karena pura-pura galau berantem sama pacar. Tapi Song Haerin diam-diam menaruh surat cinta di rak buku Eun Ho, dengan harapan dibaca dan dibalas cintanya. Tapi karena cinta tak bisa dipaksakan, jadi suratnya dibales sama Cha Eun Ho.Eun ho menulis agar Song haerin bisa ketemu sama orang yang bisa membahagiakannya bukan orang yang pura-pura gatau perasaaannya Song hae rin.

Uniknya Karyawan Georyoo dan Passion Membuat Buku

Hal yang menyenangkan dari drama ini adalah banyaknya analogi yang berkaitan dengan buku dan bagaimana sebuah buku bisa sampai ke pembaca. Proses penjang yang dilalui dari naskah yang diterima penerbit, diskusi dengan designer cover buku, mengedit buku dan biografi penulis, sistem promosi yang akan mereka ambil sampai akhirnya menaruh buku di toko buku. Tapi ada moment menyedihkan karena ternyata setiap buku yang gak laku di toko buku, pada akhirnya akan dihancurkan.

Tokoh pendiri Georyoo juga unik bin ajaib. Kim Jae Min Daepyonim seorang single parent yang baik hati dan tanggung jawab. Sering salah fokus sama kancing Direktur Goo Yoo Sun yang hampir copot di bajunya. Seorang suamiable banget karena bisa menjahit dan memasak, tapi karena udah lama berteman dengan Goo Yoo sun yang dingin banget sampe gak sadar kalau mereka sebenernya saling perhatian dan menyayangi lebih dari seorang teman ataupun rekan kerja. Goo yoo sun juga meskipun dingin sebenernya punya luka karena menyesal lari saat undangan pernikahan disebar. Ia memilih lari karena takut mertua, takut punya anak dan lebih memilih mengejar karir.

Hasil gambar untuk romance is a bonus book bong ji hong

Mantan Suami istri Bong Ji Hong dan Seo Young A juga unik. Sang istri, Seo YoungA meminta cerai karena sikap suaminya gak ngertiin dia yang dimarahi penjual sepatu saat terus menanyakan harga. Padahal Ia berharap suaminya hadir untuk selalu memihaknya dan selalu ada untuknya tapi kenyataannya suaminya gak bisa seperti itu. Bong Ji Hong galau berat setelah cerai, tapi tetep kode minta balik dan cemburu kalau mantan istrinya deket sama cowok lain.

Hasil gambar untuk romance is a bonus book song hae rin

Song Hae rin, editor hebat dan juniornya Cha Eun Ho yang memendam rasa dari lama sama Cha eunho. Passionnya adalah membuat buku, makanya dia sedih banget setelah tahu ada kesalahan pengeditan dibagian biografi penulis dan ga rela kalau buku yang udah dicetak itu harus dihancurkan. Tapi karena cintanya ke Eun Ho ini gak berbalas akhirnya dia malah jadi deket sama designer buku Ji Seo Joon. Ji Seo Jun awalnya menyukai Kang Dani, tapi setelah sadar bahwa perasaan Kang Dani bukan untuk dia akhirnya Song haerin yang dikodein pengen jadi buku romantis untuk kamu. Tsah

Hasil gambar untuk romance is a bonus book park gyu young

Kisah Cinta tarik ulurnya cewek manja Oh Ji yul dan Park Hoon juga lucu banget. Tapi meskipun Oh Ji yul ini pura-pura menjadikan Park Hoon ini pacarnya didepan ibunya dan rela diusir dari rumah, tapi kebaikan hati Park Hoon meskipun ngedumel karena harus ke Sauna karena rumahnya diisi Jiyul ini romantis sekali.

Kerja Keras dan Berhenti membandingkan

Drama ini juga mengajarkan kita untuk terus bekerja keras, dan jangan selalu ngerasa puas karena merasa udah bekerja sangat keras. Karena pada dasarnya setiap orang bekerja keras hanya pada porsinya masing-masing. Tekad Kang Dani yang terus meningkatkan diri bekerja di Georyoo meskipun harus double job sebagai tim pembantu dan membantu tim marketing membuatnya terus semangat bekerja. Kang Dani sadar bahwa setiap orang memang punya porsi masing-masing, jadi Kang Dani terus bekerja keras mengerjakan tanggung jawabnya dan tidak menjadikan pengakuan orang lain tolok ukur bahagia dan keberhasilannya. Dan evolusi Oh Ji Yul, anak manja yang gak tahu apapun dan banyak ngelakuin kesalahan juga akhirnya bisa sukses. Ji yul bekerja keras dan banyak belajar dan akhirnya bisa membuat Song haerin bangga karena bisa mengedit sebuah buku tanpa kesalahan.

Tak butuh kata untuk menyatakan keunggulan. Tak ada yang namanya paus hebat atau beruang kutub hebat. Begitu juga dengan kita manusia, tak ada yang bisa sempurna” . Kalimat Dani mengajarkan kita untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain, karena gak ada yang lebih baik, mungkin hanya mereka berjalan di porsinya masing-masing. Jangan merasa diri kita lebih unggul dari orang lain, manusia kadang memang haus pujian dan selalu ingin jadi yang terbaik dari yang terbaik, padahal akan selalu ada langit di atas langit. Apakah paus bisa dibilang hebat karena menjadi mamalia yang bisa hidup di air? Atau beruang kutub yang tahan hidup di rendahnya suhu kutub? Atau justru manusia yang punya akal itu bisa lebih baik? Kayaknya gak akan berhenti kalau terus membandingkan. Karena akan selalu ada yang terbaik dari yang terbaik, ga ada yang sempurna di dunia ini. Jadi be happy and stop comparing.

Drama Romance is Bonus Book bagus banget untuk ditonton. Kamu bisa belajar dari cara Kang Dani berdamai dengan masa lalunya dan cara Ia bekerja keras dan bertanggung jawab. Cara Cha Eun Ho yang memilih menyukai Kang Dani dalam diam dan keputusannya yang tidak memaksa perasaannya dibalas. Kamu juga bisa belajar dari tim Georyoo yang sangat passionate di dunia penerbit dan membuat buku. Pokoknya seperti kutipan buku yang bisa menghangatkan hati pembaca, drama ini bisa menghangatkan hati kita.

Rate : 9.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here