Review Drama Korea Crash Landing On You

0
330

Drama Crash Landing On You bercerita mengenai wanita kaya raya (chaebol) bernama Yoon Se Ri yang mengalami kecelakaan paralayang dan berakhir mendarat di Korea Utara. Karena tidak bisa semudah itu kembali ke Korea Selatan, Yoon Se Ri harus menumpang hidup di rumah Perwira Korea Utara bernama Ri Jeong Hyeok. Kebersamaan mereka membuat keduanya saling jatuh cinta tapi mengalami kesulitan karena kondisi kedua Negara yang sering berselisih tegang. Selama Yoon Seri berada di Korea Utara, Ri Jeong Hyeok selalu ada untuk melindungi dan membantunya untuk kembali ke Korea Selatan. Drama bergenre Romantic comedy ini juga tambah manis karena adanya pemeran pendukung yakni tentara korea utara, anak buah Ri jeong hyeok yang juga turut melindungi Yoon Seri.

Kisah Korut – Korsel

Image

Drama ini emang unik sih mengangkat tema tentang Korea Utara dan Korea Selatan. Seperti yang kita tahu emang Korut sama Korsel ini negara sedarah yang jarang akurnya. Di dalam drama Crash Landing On You, kita dikasih gambaran betapa orang korsel yang masuk ke Korut ini bisa dianggap mata-mata dan dikejar untuk dibunuh. Kita juga dikasih lihat tentang rakyat Korut yang didoktrin tentang Nam jeoseon (Korsel), jadi biasanya gak akan boleh tuh ada barang-barang elektronik yang masuk ilegal. Karena akan ada inspeksi mendadak. Tapi tetep aja ada barang ilegal masuk, kayak skin care, parfum bahkan film atau drama korea yang masuk dan ditonton oleh rakyat Korut. Dalam drama Crash Landing On You, Korut ini digambarkan sangat kaku banget berbeda sama Korea selatan.

Geng Lawak Korut

Image

Pyo Chi Su

Image

Pyo Chi Su ini mulutnya lambe bener dan emang sering saling sarkas sama Yoon Seri. Hobi banget bikin kesel, segala celotehnya bikin emosyenel. Satu satunya orang yang dari awal ngejelekin Korsel mulu. Tapi jadi satu-satunya orang yang hafal lagu kebangsaan Korsel yang diputer tiap pagi wkwk. Logat Seoul yang dibuat-buat ini juga bikin orang yang nonton ngakak karna kelakuan dia. Katanya benci sama Korsel tapi disuruh jadi pengantar ayam goreng aja mau, nyamar jadi orang yang mau beli furniture aja totalitas, sampe akhirnya betah di Seoul. Plus dia ngira orang BIN minta dia buat tinggal di Korsel karena prestasi dia jadi tentara Korut yang lebih hebat dari yang lainnya wwk. Pokoknya segala tentang Pyo Chi Su itu nyebelin. Tapi meskipun sering debat sama Yoon Seri, Dia beneran nangis ketika Yoon Seri ketembak dan kritis dan ikut bahagia ketika Yoon Seri siuman.

Park Kwang Beom

Image

Kwang Beom ini cowo terganteng dari geng lawak tentara korut itu. Lagi nyari rumah Seri di Seoul malah ditawarin sama headhunter agency YJ, SN. JYB. Iya semuanya plesetan dari big three agency di Korsel. Karena mukanya cocok banget buat jadi idol kan, guanteng. Ga heran dong dapet 2 hearteu sign dari Yoon Seri. Bahkan dia jadi korban yang bikin Ri jeong hyeok jealous. Tapi satu-satunya di timnya Ri jeong hyeok yang bisa dipercaya untuk ngelindungin Seri.

Kim Ju Meok
Image
Satu satunya Tentara korut yang juga pecinta Drama Korea sejati. Fans garis kerasnya Choi Ji Woo, satu-satunya yang ngerti Korea Selatan dan budayanya karena hobi nonton Drama korea. Dia yang ngajarin Ri jeong hyeok saat menghadapi krisis dan kehimpit keadaan yaudah kisseu aja. Bahkan Yoon Seri akhirnya mempertemukan Jumeok ke Choi Ji Woo dan bisa makan bareng plus foto bareng. gemes banget ga sih?
Geum Eun Dong

Image

Adek bungsu ini juga gemesin, jadi lawan main gamenya Ri jeong hyeok yang bikin emosi, tapi Eun dong malah curhat ke Ri jeong hyeok ada orang korsel yang nyebelin. Eun Dong bahkan jadi tentara korut yang disayang Seri karena dianggap adek sendiri.

Ahjumma Korut Gengnya Yoon Seri

Image

Jangan lupakan ada geng gosipnya Yoon Seri, Ahjumma tetangganya Ri jeong hyeok yang awalnya ngomongin Seri dibelakang tapi malah jadi sahabatnya Yoon Seri. Doyan ngajakin Seri ke pasar, jadi tempat curhat Seri ketika Seri galau, sampai akhirnya tau kalau Seri itu dari Korsel dan dibuatin skin care atas nama plus wajar geng ahjumma ini. Btw Ahjumma ini meskipun awalnya terkesan carmuk banget ke Young Ae karena dia istri Letkol, tapi kita semua dikasih liat kalau rasa sayangnya ini tulus banget. Meskipun Letkol di tangkep, tapi mereka peduli banget sampe akhirnya ngirimin makanan dan kayu bakar.

Perkembangan Karakter Utama

Yoon Seri dan Ri Jeong hyeok ini punya kesamaan, yaitu punya tembok tinggi yang gak bisa dilewatin siapapun, karena adanya trust issue. Ri jeong hyeok ditinggal kakaknya karena kecelakaan dan meninggal sampai akhirnya dia gak punya harapan lagi. Yoon Seri kecewa karena satu keluarga lebih mementingkan warisan, saham terus bahkan ibunya pun sempet ninggalin Seri sendirian. Mereka berdua tumbuh jadi orang yang keras, kaku dan kasar. Tapi karena mereka bertemu, akhirnya saling mengisi kekosongan dan akhirnya hatinya luluh dan gak sebeku diri mereka yang lama.

Image

Ri jeong hyeok yang terkesan dingin dan kayak mayat hidup ini akhirnya ngerasain takut kehilangan Yoon Seri dan ternyata dia perhatian plus bucin plus cemburuan. Begitupun Yoon Seri yang jutek, dingin dan sering nyuruh anak buah lembur ini akhirnya menghangat hatinya dan manja. Padahal biasanya Yoon Seri selalu melakukan segala hal sendirian.

Image

Ri jeong hyeok yang masih terluka karena kepergian kakanya, berjanji sama dirinya sendiri. Kalau dia gak akan pernah mencintai orang lain, bener-bener menjalani kehidupan seadanya tanpa adanya harapan, bahkan harus berhenti main piano. Padahal itu hal yang dia suka. Sedangkan Yoon Seri karena merasa semua kakaknya itu saingannya dan musuhnya, akhirnya dia jadi sendirian terus dan gak suka berbaur sama orang. Tapi semua berubah ketika Yoon Seri bertemu dengan Ri jeong hyeok

Image

Semenjak Ri jeong hyeok ketemu Yoon Seri dan jatuh cinta, jadilah Kapten Ganteng ini bucin sejatinya Yoon Seri. Yoon Seri bangun tidur dipegangin, mau minum jus dipanasin, mau nonton tv dipencetin remotnya. Karena kalau orang jatuh cinta emang rasanya dunia milik berdua, yang lain cuma ngontrak.

Image

Cinta Kepentok Perbatasan

Image

Kalau ada ftv yang bisa menggambarkan tentang kisah Ri jeong hyeok dan Yoon Seri maka judulnya bisa jadi “cintaku kepentok perbatasan”. LDRan Korut Korsel emang nyakitin banget sih. Semua kenangan bersama Ri jeong hyeok itu manis plus menyakitkan karena adanya rindu yang tak sampai. Rindunya kepentok perbatasan. Ketika akhirnya Yoon Seri meninggalkan Korut, tubuhnya emang ada di Korsel tapi hatinya ketinggalan di Korut.

Image

Scene pengembalian geng lawak Korut ini jadi scene yang nyakitin hati banget, keliatan banget susahnya ada di dalam negara yang saling musuhan sampai untuk lari dan pelukan aja jadi saling todong pistol si tentara korut dan BIN. Kebayang dong susahnya punya keluarga di negara tetangga tapi ketemu aja kalau dibolehin sama pemerintah karena ada acara doang.

Image

Kalau dipikir pikir, Ri jeong hyeok ini ngasih kenangan menyakitkan, siapa yang tahan merindu bertahun tahun tanpa adanya komunikasi, cuma bisa pasrah sama takdir sambil berdoa kalau jodoh ya gak akan kemana. Tapi Ri jeong hyeok meskipun ngasih kekosongan di hari Yoon Seri, dia bisa ngasih rasa bahagia meskipun cuma nyebut nama Ri jeong hyeok doang. Ri Jeong hyeok ngajarin Seri bahwa dia bisa menemukan kebahagiaan kecil dalam hidupnya, salah satunya gak makan sendirian dan merasakan kesepian. Coba deh kumpul sama karyawannya saat makan siang.

Best Emotional Roller Coaster Drama

Image

Meskipun drama ini banyak mengakhiri satu episode dengan tembakan yang seringnya bikin degdegan. Setidaknya writernim memenuhi keinginan penonton untuk happy ending. Ya setidaknya LDRan Ri Jeong Hyeok dan Yoon Seri terbayarkan lah ya. Karena ending alternatif Korut Korsel berdamai belum keliatan batang idungnya, mungkin terasa mustahil. Ya setidaknya di dunia nyata mereka ini cukup berdamai salah satunya ketika jadi satu tim Korea saat Asian Games. Makasih udah bikin malem minggu selalu ketawa sambil nangis karena menangisi kegalauan hati Ri jeong hyeok.

Image

 

Gak cuma Ri jeong hyeok – Yoon Seri yang menemukan kedamaian di hatinya, tapi Seo Dan dan Geu Seung jun pun bisa merasakan kedamaian dan bahagia meskipun gak berakhir berdua selamanya. Tapi karena mereka menemukan orang terbaik yang membuat hati bekunya mencair.

Image

” a LOT of things happen in life, and we can’t explain why most of them happen”

Rate : 10/10