Review Drama Korea Class Of Lies “Kamuflase Adalah Identitas Diri”

0
177
Class of Lies

“Violence begets Violence. It doesn’t always look the same”

Drama Korea Class Of Lies menggambarkan satu kelas yang isinya penuh tipu daya dan satu sekolah yang sistemnya sangat bobrok. Drama ini dimulai dengan kasus pembunuhan siswi SMA bernama Soo Ah yang diduga telah dibunuh oleh teman sekelasnya bernama Kim Han Soo. Sehingga seorang pengacara yang terkenal hanya peduli dengan uang dan menang di pengadilan bernama Gi Mu Hyeok diminta untuk jadi pengacara Kim Han Soo. Namun ternyata itu hanya jebakan yang membuat citra Gi Mu Hyeok hancur dan lisensi pengacaranya dicabut. Merasa dikhianati oleh atasanya, Ia akhirnya menyamar menjadi guru di sekolah dan mencari tahu lebih lanjut kasus yang pernah ditanganinya yang melibatkan Kim Han Soo dan Soo Ah.

Citra Adalah Segalanya

Image

Class of Lies menggambarkan salah satu tokoh penting yaitu Yoo Yang Ki, ayah dari Yoo Beom Jin yang merupakan calon presiden. Karena kepentingannya dan obsesinya yang besar untuk menjadi presiden membuat dia harus berkamuflase menjadi orang yang baik dan disukai banyak orang. Sehingga Ia menanamkan pola pikir yang sama untuk anaknya. “kapanpun dan dimanapun kamu berada jangan lupa kamu adalah putraku. ini demi kebaikanku yang akhirnya akan jadi kebaikanmu juga”. Menurut Yoo Yang Ki, Kamuflase adalah identitas diri yang dilihat dan dipercaya orang lain. Karena pola pikir dari ayahnya inilah penonton dihadapkan pada kenyataan bahwa Tokoh yang sangat penting yang menjadi kunci drama ini adalah Yoo Beom Jin. Jadi inget pribahasa “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya” Anak meniru perilaku orang yang disukai dan terdekat dengannya, salah satunya orang tua. Dan drama ini menggambarkan kurang lebih pribahasa itu.

Kekerasan Melahirkan Kekerasan

Image

Kekerasan mungkin terjadi karena telah terbiasa dilakukan di lingkungan terdekat. Atau mungkin karena adanya pola pikir yang secara gak langsung diturunkan. Joon Jae yang harus berhadapan dengan para lintah darat dan terbiasa dengan kekerasan akhirnya membentuk dirinya yang selalu kasar dan melampiaskan emosi kepada teman-temannya. Sampai di suatu titik Byung Ho yang menjadi korban bully Joon Jae dkk ini hilang kesabaran dan membalas Joon Jae meskipun harus terkena tipu muslihat Beom Jin.

Katanya jalan termudah memang menyakiti orang lain yang telah menyakiti kita. padahal cara terbaik adalah menghentikan rasa sakit. Menyembuhkan diri terlebih dahulu, membuat diri bahagia dan ikhlas

Permasalahan Class Of Lies

Class of lies ini tuh isinya kelas penuh tipu daya. Isinya bullying, persaingan antara siswa yang dipenuhi kecurangan bahkan rasa sakit yang berakhir dengan pembunuhan. Sistem sekolahnya pun bobrok, ada siswa VIP yang udah terjamin masa depannya. Persaingan di sekolah tersebut sangat tidak adil. Siswa VIP harus berkumpul untuk menentukan lomba yang akan diikutsertakan yang akan menjadi portfolio untuk masuk universitas. Sedangkan siswa miskin yang mendapatkan dana bantuan harus terinjak-injak harga dirinya dan menjadi korban adu jontos untuk konten di applikasi siswa.

Jika tidak punya kekuasaan, uang, koneksi pasti dirisak. Sedangkan orang kaya udah terjamin masa depannya – Byeon Ho

Image

Meski lahir dari keluarga kaya dan terpandang, mereka harus siap jadi boneka orang tua. Terkadang Obsesi orang tua yang menjadikan anaknya agar menjadi sesuatu yang diinginkan orang tua, bisa melakukan apa yang disuruh layaknya boneka, Han Tae Ra Contohnya. Ia harus rela mengikuti kemauan ibunya untuk konser piano yang dihadiri orang-orang VIP kenalan orang tuanya.

Kemasan Class Of Lies

Bagusnya drama ini, penonton dari awal dihadapkan pada bukti yang menyudutkan setiap tokoh. Seolah mengatakan kalau setiap tokoh memiliki peluang untuk membunuh Soo Ah. Tapi siapa yang sanggup untuk membunuh? Pertama kali kita dikasih bukti kalau Ki Hoon jadi Stalker yang memotret Soo Ah karena menyukai diam-diam. Lalu Na Ye Ri yang karena cemburu Ki Hoon Suka Soo Ah akhirnya mengambil foto Soo Ah yang sedang bersama sugar daddy dan menyebarkan gosip tak sedap di aplikasi siswa. Tak hanya itu, perisakan Soo Ah oleh Geng VIP ini juga melibatkan Tae Ra yang juga cemburu Beom Jin suka dengan Soo Ah. Sampai akhirnya adanya kenyataan kalau penjahat yang sebenarnya adalah orang yang bisa memanipulasi semua orang termasuk teman-temannya, yang teliti untuk melancarkan aksi pembunuhannya tanpa cela.

Endingnya mungkin banyak juga yang penasaran siapa yang membunuh Beom Jin? Tapi penulis lebih memilih open ending. Sehingga penonton bisa menerka-nerka dengan bebas. Mungkin itu akhir yang seharusnya didapatkan oleh seorang psikopat yang kejahatannya tanpa cela dan menjadi ending terbaik untuk class of lies. Pada akhirnya pertemanan mereka pun hancur karena sebuah citra dan kamuflase.

Drama yang sangat bagus untuk menemani kamu di akhir pekan loh. Karena drama yang penuh dengan misteri dan bikin penasaran tiap episode. Visual semua cast pun bening banget. Jadi apakah kalian termasuk jadi bucin Beom Jin yang suka dengan kepribadiannya yang kalem? coba cunghand *cari temen*

Image

Rate : 9.9/10