“Drama yang menyenangkan!” itulah kesan pertama gue sama drama Because this is my first life ini. drama ini mengangkat tema pernikahan kontrak antara seorang lelaki pemilik sebuah rumah dan seorang wanita yang menyewa rumahnya. sebenarnya tema pernikahan kontrak di drama korea itu udah sering dan gak aneh tapi saat karakter  pemeran utamanya dibuat sangat “berbeda” maka drama itu pun akan terasa berbeda. Begitulah drama Because this is my first life di mata gue. sang lelaki pemilik rumah, Nam se hee mempunyai karakter yang berbeda dan buat gue menjadi daya tarik utama drama ini. dia dingin, cuek, logis, perhitungan, menilai semua hal harus ada teorinya, gak berperasaan, gak punya emosi, lempeng, aneh dan pokoknya kalo liat dia gue bergumam “lah ada ya manusia seaneh ini?” dia memiliki rumah dengan 2 kamar dan satu kamar di rumahnya selalu disewakan pada orang lain tanpa uang jaminan seperti kita tahu di Korea ngontrak rumah bukan cuma harus bayar uang sewa perbulan tapi juga harus nyimpan uang jaminan yang kalo dirupiahin bisa puluhan juta sampe ratusan juta. Se hee cuma mau uang sewa perbulan dan penyewanya bantuin dia pekerjaan di rumah. Lalu diceritakan juga ada seorang perempuan berusia 30 tahun bernama Yoon ji ho yang bekerja sebagai asisten penulis drama tapi karena dia mengalami sebuah insiden dia memutuskan berhenti menulis drama namun disaat yang bersamaan dia harus mencari rumah yang bisa dia sewa untuk tempat tinggal, namun dia tidak mempunyai uang untuk jaminannya. Beruntung dia bertemu dengan Nam se hee dan menjadi penyewa rumah Nam se hee, namun karena beberapa alasan Nam se hee memutuskan untuk mengajak Ji hoo kawin kontrak. Ji ho yang belum pernah pacaran di usianya yang sudah 30 tahun itu pun mengiyakan ajakan se hee. Kehidupan rumah tangga palsu diantara keduanya sungguh menarik untuk diikuti.

Tidak hanya kisah Nam se hee dan Yoon Ji hoo yang menarik di drama ini. cerita dari pemain pendukung yang lainnya juga menarik. Percintaan dua sahabat Ji ho, Ho Rang dan So ji juga menarik dan menyentuh hati. Ho rang sudah berpacaran selama 7 tahun dengan kekasihnya Woon seok, mereka adalah pasangan yang romantis dan manis dan pada satu saat Ho rang sudah mencapai titik ingin hubungan mereka berlanjut ke jenjang pernikahan namun Woon seok yang seorang CEO sebuah aplikasi belum juga mencapai kesuksesan. Aplikasi yang dia buat tidak laku dan dia kerap menderita kerugian. Selain karena keuangan ternyata pandangan Ho rang dan Woon seok tentang pernikahan jauh berbeda. Konflik yang dialami Woon seok dan Ho rang memberikan kita wajah yang tak asing dari cinta di usia 30-an dimana keinginan untuk menikah mulai dirasakan dan mendatangkan konflik dihubungan yang sudah lama dijalin. kisah mereka menyentuh dan bisa dijadikan pembelajaran untuk kita.

Kisah Ma sang go dan Woo So ji juga menarik dan memberikan warna yang lain dari hubungan percintaan orang dewasa. Ma sang go adalah seorang CEO di tempat kerja Nam se hee dia seorang CEO yang baik dan memperlakukan bawahannya dengan baik dan membuat bawahannya nyaman bekerja dengan dia tapi mereka kerap kelewat nyaman  dan gak jarang sikapnya kurang sopan ke CEO Ma. Tapi CEO Ma gak ambil pusing dan tetap jadi bos yang baik dan perhatian sebagaimana dia memperlakukan wanita yang dia sukai. dia jatuh cinta dengan seorang wanita yang bekerja di perusahaan yang jadi rekan bisnisnya bernama, Woo So ji yang juga sahabat dari Ji ho. Woo so ji seorang wanita tangguh yang tidak mudah didekati. Ada tembok besar yang ia ciptakan yang menjauhkannya dari melihat cinta yang tulus dan menjauhkannya dari keinginan menikah dan hidup dengan seorang lelaki pilihannya. Sementara CEO Ma orang yang sangat dewasa dan tulus akan perasaannya pada so ji. Hubungan mereka akan berputar di konflik akankah CEO Ma dan so ji yang memiliki prinsip yang jauh berbeda bisa memulai sebuah hubungan? Jika sudah memulai akankan hubungan itu berjalan lancar?

Karakter :

Nam se hee diperankan oleh Lee min ki

Nam se hee adalah ajusshi paling mempesona dari TVN dan saingan sama Hwang si mok dari drama Secret forest. Ketika pertama kali liat dia gue mengerutkan kening dan berguman “ini kok orang absurd amat” tapi makin lama gue makin suka liat dia dan lama-lama gue terperangkap dalam pesonanya yang tak terbantahkan. TVN paling jago bikin karakter yang absurd dan unik. Se hee yang logis, perhitungan dan dingin menjalani hidup dengan datar. Yang dia lakukan hanya bekerja dan pulang ke rumah, itu saja. yang dia pikirkanpun hanya angsuran rumahnya yang masih puluhan tahun dan kucing kesayangannya yang dia namai “kucing” bahkan keinginan dia adalah tidak ada perubahan dalam hidupnya. Sikapnya yang sangat dingin dan absurd nambah warna yang seru buat drama ini. drama ini gak akan sebagus ini kalau karakter Nam se hee gak sebagus ini. cara dia berinteraksi dengan orang-orang sekitarnya bikin ngakak apalagi kalau udah ada scene dia bareng CEO Ma yang juga teman dia semasa kuliah dulu. Cara dia berkomunikasi dengan orang lain bikin gue ketawa terus tapi gak bisa bayangin kalau di dunia nyata gue ngobrol sama orang kaya se hee pasti dia udah gue pukulin. x)) seperti kata CEO Ma, se hee bisa meludahi orang dengan pandangan matanya. Wajar kalo ji hoo sering kesel  sama sikap Se hee, se hee memang seperti robot yang tanpa emosi dan kalau ngomong suka seenaknya tanpa peduli  sesuatu yang dia sampaikan itu menusuk dada orang lain dan menyakiti. Tapi bukan berarti dia jahat, dia hanya gak tahu aja.

Perkembangan karakter Nam se hee sangat menarik,  seperti karakternya yang sangat unik bagaimana karakternya berkembang juga unik dan buat gue sih gak ketebak. Sisi lain Nam se hee ditunjukan lewat scene-scene tak tertebak dan menyentuh hati.

Lee min ki is showing his best in this show. Ini pertama kalinya gue nonton drama Lee min ki dan bener-bener puas sama aktingnya. Karakter Nam se hee ini gak mudah diperankan karena kalau sampai salah ngasih ekspresi sedikit aja maka karakter nam se hee gagal diperankan dengan baik karena kalau dia gak konsisten maka karakternya yang kuat akan jadi aneh tapi Lee min ki berhasil memerankan semua scene Nam se hee dengan baik. secara visual Lee min ki emang bukan tergolong aktor korea yang ganteng-ganteng dan punya banyak pesona, dia juga gak terlalu kharismatik. Awal gue lihat dia pun gue sebenernya kurang tertarik tapi lama kelamaan melihat aktingnya gue makin tertarik gak cuma suka sama karakter nam se hee tapi gue juga naksir sama Lee min ki. Dipertengahan drama model rambutnya diganti dan itu adalah keputusan terbaik yang membuat Nam se hee makin dicintai.

Yoon Ji ho diperankan oleh jung so min

Yoon ji ho seorang wanita berusia 30 tahun yang berprofesi sebagai asisten penulis drama. meski sering menulis scene percintaan dalam drama selama hidupnya Ji ho belum pernah berpacaran. Ji ho mempunyai bos yang sifatnya kurang menyenangkan dan tak begitu menghargai pekerjaan Ji ho dan seorang Sutradara muda yang bekerja sama dengan ji ho pernah hendak melecehkan Ji  ho namun atasannya yang seorang penulis drama senior tak mau membantunya menangani kasus pelecehan yang ia terima malah sikapnya mengecewakan Ji ho. karena alasan-alasan itulah Ji ho memutuskan berhenti menjadi penulis drama dengan perasaan kecewa  yang teramat dalam. Padahal menjadi penulis adalah impiannya dan dia hanya menghabiskan waktunya selama ini untuk menulis. Dia tak tahu hal apa yang bisa dia lakukan selain menulis. Namun dunia penulisan drama yang dia hadapi membuat dia berhenti meraih mimpinya. Ditengah kesedihannya itu masalah lain harus dihadapi Ji ho, masalah tempat tinggal. Karena sebuah alasan ji ho terpaksa harus mencari tempat tinggal baru  namun dia tak punya uang untuk jaminan sewa rumah. Secara kebetulan Ji ho menemukan tempat tinggal yang cocok untuknya dimana dia hanya perlu membayar uang sewa bulanan. Disitulah awal pertemuannya dengan Nam se hee. Karakter Ji ho yang sedikit “gila” dalam arti yang baik dia sangat cocok dengan Se hee yang super absurd karena kalau Ji ho karakternya dibikin biasa aja atau cuma cewek pekerja keras biasa pasti gak akan cocok dan kebanting sama karakter Se hee yang kuat banget.

Jung so min emang selalu memberikan akting yang memuaskan di setiap dramanya, terakhir nonton dia di drama My Father is strange disana dia berhasil memerankan perannya dengan baik. dan dia ini cantik banget!

Ho Rang diperankan Kim Ga Eun

Ho rang adalah seorang wanita usia 30 tahun yang manja, manis, feminim dan rada sedikit tidak begitu pintar tapi dia punya hati yang lembut dan baik. dia sudah berpacaran 7 tahun dengan kekasihnya Woon seok. Ho rang bukan wanita yang ambisius impiannya hanya menjadi seorang ibu rumah tangga dan istri yang baik, hanya itu saja. namun kekasihnya belum juga berniat menikahinya karena beberapa alasan. Dalam drama ini ho rang mewakili perasaan banyak wanita diluar sana yang memiliki keinginan yang besar untuk menikah diusia kepala 3. Konflik hubungannya dengan woon sook terasa nyata dan banyak dialami oleh banyak orang ini menjadikan kisahnya gak kalah menarik dari cerita pemeran utama.

Kim Ga eun berhasil membawakan peran Ho rang dengan baik. sisinya yang manis dan rapuh namun terkadang kekuatan cinta membuatnya jadi wanita yang kuat dan tangguh jelas tergambarkan. Sebelumnya gue liat akting dia di Reunited world disini aktingnya jauh lebih bagus mungkin karena karakter di drama ini sebagai Ho rang dia dapet scene yang lebih banyak dari drama dia sebelumnya.

Woo So ji diperankan oleh Esom

Kesan pertama liat karakter Woo so ji gue melihat dia itu wanita yang kasar, tangguh, keras tipe yang bakal ngelakuin apapun demi orang yang dia sayang gak peduli apapun dan tipe yang akan memperjuangkan harga dirinya apapun yang terjadi. Tapi ternyata dia gak seperti dugaan gue. dalam drama ini karakter so ji juga cukup unik dan mengalami perkembangan yang menarik. Soo ji tipe wanita yang ambisius dan mementingkan karier diatas segalanya sekalipun pekerjaannya membuat dia harus mendapatkan perilaku yang kurang menyenangkan dari rekan kerjanya. Soo ji sama sekali bukan wanita yang mudah ditaklukan, karena satu alasan dia menutup kehidupan pribadinya dari orang lain dan sebisa mungkin tidak membawa keluar kehidupan pribadinya atau tidak membiarkan orang lain masuk ke kehidupan pribadinya. Sifat so ji yang ini yang nantinya akan menjadi konflik hubungan dia dengan Ma sang goo. Meski terlihat tangguh sebenarnya So ji orang yang lembut dan rapuh namun dia tak menunjukannya pada orang lain. caranya membatasi diri dengan orang lain menjadi alasan dia tidak ingin menikah dengan siapapun dan hanya fokus berkarier. Namun ma sang goo hadir dan mencoba menaklukkan hati So ji

Ma sang goo diperan oleh Park Byung Eun

Ma sang goo ini karakter paling lucu di drama ini. dia sering melemparkan lelucon-lelucon segar yang kadang gak diduga dan bikin gue ngakak sampe sakit perut. Soalnya mukanya juga bukan muka tukang becanda jadi humornya makin lucu dan selalu ditunggu-tunggu. Dibalik kelucuannya, CEO Ma juga orang yang serius,pintar, dewasa dan pengertian. Dia juga CEO yang baik banget tipe bos idaman banget deh pokoknya. Meski gak selalu bisa membantu masalah orang terdekatnya CEO Ma selalu ada dan berusaha bantu. Dia selalu jadi tempat curhat Se hee dan won seok. Cara dia memperlakukan So ji benar-benar membuat gue haru. Perjalanan cinta dia sama So ji yang paling bikin gue haru karena secara pribadi gue ngerti banget apa yang dialami oleh so ji dan jadinya membayangkan alangkah bahagianya kalau gue menemukan pria seperti CEO Ma ini.

Akting  Park Byung Eun gak perlu diragukan. Terakhir kali gue lihat dia dengan peran serius di Mystery Queen jadi sempet aneh liat dia di drama ini jadi sosok yang kocak tapi makin lama gue makin terpikat sama aktingnya dan dia salah satu karakter yang gue suka di drama ini.

Ending : happy ending is a must! Kalo drama ini gak berakhir bahagia wah bisa ngamuk seluruh penggemar drama ini yang jumlahnya banyak banget. Benar aja, semuanya mendapatkan akhir yang bahagia. Emang akhir yang bahagia gak sulit sih didapatkan di drama ini. hanya gue sebel sama episode-episode akhir drama ini Nam se hee dibikin patah hati dan nangis kan gak tega hehe. Gue gak mau bahas banyak endingnya karena mereka manis dan bikin gue kehilangan kata-kata hanya saja menurut gue Ho rang dan Woon seok sebaiknya berpisah aja karena pada dasarnya mereka ini udah beda banget dan jalan untuk menikahpun mereka emang susah. Kalau mau lebih realistis emang paling bener Ho rang sama Akuntan itu. apa gue terdengar matre? Enggak sih kalo menurut gue karena masalahnya Woon seok itu bukan Cuma gak punya uang buat nikah tapi dia juga gak tau nikah itu apa dan dari beberapa percakapannya sama ho rang woon seok tuh kaya menjelaskan kalo dia sebenarnya cinta sama ho rang tapi gak ada maksud nikahin ho rang ya intinya woon seok sendiri gatau nikah itu apa sementara ho rang pengen banget nikah. Mereka beda banget kan? tapi ya itulah kebaikan hatinya Writer-nim sama PD-nim yang membuat mereka bersatu lagi.

Kekurangan :

Drama ini sebenarnya nyaris sempurna gak ada hal yang sangat mengganggu di drama ini cuma hal yang menurut gue kurang aja, menurut gue aja sih ini.

  • Pas se hee mukulin sutradara yang pernah mau ngelecehin Ji ho sampai akhir drama ji ho gak tau sama sekali fakta itu. padahal kalau Ko jung min ngasih tau Ji ho dan pada saat itu Ji ho sadar bagaimana perasaan Se he sebenarnya ke dia dan itu yang bikin dia balik lagi ke Se hee mungkin akan lebih bagus. Ya maksud gue sayang aja kalo ji ho gatau apa yang udah dilakuin Se hee demi dia.
  • Di 2 episode akhir sebenarnya gue rada kesel dan geregetan sama sikapnya Ji ho yang memperlakukan Se hee dengan gak layak. Maksud gue biasanya kan Ji ho ini orangnya rada “gila” dan ngelakuin sesuatu dengan spontan tapi gue kecewa sama sikapnya yang terlalu keras ke Se he dan ko jung min. Kenapa juga musti gak nerima job dari ko jung min? Padahal dia udah dekat sama ko jung min dan dia udah tahu ko jung min sama Se hee gak mungkin bersama lagi. Saat lihat Ji ho di episode akhir gue seperti lihat orang lain yang bukan Ji ho karena sifat Ji ho yang ada di episode-episode awal beda jauh sama episode-episode akhir.

Drama Because This is My first life menggambarkan berbagai kisah percintaan diusia dewasa dan berbagai pandangan akan pernikahan orang-orang yang sudah berusia 30 tahun keatas. Kisah-kisah dalam drama ini relate dengan apa yang memang terjadi dikehidupan nyata. Bagaimana sebenarnya pernikahan itu dipandang berbeda oleh setiap orang. Drama ini menyampaikan banyak pesan yang bisa dikantongi untuk kita sebagai pelajaran tentang komitmen dan pernikahan juga menggambarkan kekhawatiran-kekhawatiran usia 30an apa saja yang mungkin nanti akan kita alami. Walau menyimpan makna yang cukup “berat” drama ini terasa sangat ringan, lucu dan menghibur. Cerita berjalan dengan mulus dan membuat penontonnya sangat menikmati proses story tellingnya. Dengan acting yang memuaskan dari semua pemain dan pesan moral yang “penuh” tapi drama ini terasa ringan dan sangat menghibur. Meski kerap terharu dengan adegan sedih di drama ini drama ini tetap meninggalkan kesan “menyenangkan” dihati gue. kalau diibaratin nonton drama ini tuh gue kayak abis diomelin guru dikasih tau macem-macem pelajaran yang selama ini gue gak tahu karena gue bebal tapi gue gak kesal sama sekali malah gue seneng dan minta diomelin terus. Ya pokoknya gitu deh, drama Because This is My First life is one of the best drama of the year!

Rating : 9,7 / 10

Author :Destri Ayu