Perayaan Chuseok dibalut dengan Songpyeon

0
23

Chuseok merupakan libur nasional Korea dan festival panen utama yang dirayakan selama 3 hari. Chuseok dikenal sebagai hari bulan purnama dan berlangsung selama akhir musim gugur ‘autumn eve’. Peringatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 bulan 8 kalender bulan. Pada tahun 2019 ini, Chuseok dirayakan mulai 13 September. Peringatan Chuseok dihiasi dengan upacara yang disebut charye untuk menghormati para leluhur.

Selain itu pada peringatan Chuseok terkenal dengan makanan khasnya berupa Songpyeon. Songpyeon dibuat dari tepung beras dengan bentuk setengah bulan. Layaknya dumpling, songpyeon dibuat sukuran gigitan. Songpyeon diisi dengan berbagai bahan diantaranya pasta kacang merah, madu, kastanye, dan wijen. Makanan ini cocok dipilih sebagai penghias perayaan chuseok karena rasanya yang manis dan kenal. Songpyeon juga disembahkan pada leluhur bersamaan dengan beras hasil panen dan minuman beralkohol. Chuseok dibalut dengan songpyeon menjadi sangat manis dan bermakna.

Bahan beras menjadi salah satu bentuk syukur terhadap panen yang diterima. Bentuk setengah bulan juga menggambarkan autumn eve selama bulan purnama. Isian yang diberikan di dalam songpyeon mampu menggambarkan rasa syukur dengan bermacam rasa. Sehingga hidangan ini sangat khas dan pas untuk disajikan selama Chuseok.

Perayaan chuseok digunakan sebagian besar penduduk Korea untuk menghabiskan waktu berlibur dengan keluarga. Mereka bisa memilih menghabiskan waktu bersama di rumah atau menikmati hiburan lain bersama dengan keluarga besar.

Hal ini juga dirasakan oleh idola Korea, mereka biasanya akan diberikan libur dalam kegiatan keseharian sebagai idola dari agency. Selain itu mereka akan mengirimkan ucapan perayaan chuseok dan mengirimkan kartu ucapan bagi penggemar lewat jejaring sosial.