KPOP Idol ini Gunakan Budaya Korea dalam Karyanya

0
26

Memiliki kualitas musik dan performance yang memukau sudah tidak diragukan di Korean idol. Mereka tidak akan tanggung-tanggung jika harus mengeluarkan uang yang besar untuk hasil yang maksimal. Walau sering menggunakan peralatan teknologi yang canggih, tak jarang mereka menyelipkan budaya Korea dari mulai musik dan performancenya.

Berikut beberapa musik idola Kpop yang menyelipkan budaya Korea. Apakah ada idola kamu?

Shangri-La – VIXX

Awal mula mendengar lagu ini kita akan disuguhkan dengan alunan musik yang unik. Gayageum, ya mereka menggunakan kecapi Korea ini sebagai pengiring di awal lagu. Anggota VIXX sendiri juga mengenakan busana tradisional.

Di dalam performanya pun mereka menari dengan hangat terinspirasi dari dongeng Tiongkok “The Peach Blossom Land”. Mereka menggunakan kipas sebagai properties dance yang mengagumkan.

LIT – ONEUS

Grup asuhan RBW Entertainment, ONEUS menunjukkan konsep unik dalam lagu bertajuk LIT. Mereka menggunakan Hanbok, baju traditional Korea, yang dibentuk modern.

Lagu yang easy listening ini menggunakan gayageum sebagai latar musik mereka. Nuansa budaya Korea langsung terasa dengan unsur seperti ini. Mereka kerap menggunakan frase tradisional Korea, seperti “niliria“ dan “eolssu” dalam liriknya.

Dream In a Dream – Ten

Musik special dari Station oleh Ten NCT/WayV/SuperM ini memiliki nuansa musik tradisional. Lagu ini menggunakan perpaduan musik tradisional dengan modern dengan musik tradisional di awal lagu serta.

MV ini bisa dibilang sederhana karena tidak menggunakan banyak properti. Walau seperti itu Ten mampu memberikan keistimewaan melalui vocal unik yang dimilikinya. Belum lagi bagaimana ia mengekspreaikan lagu dengan dance yang memukau layaknya memainkan theater. Ten dan musik tradisional-modern menggambarkan sebuah kebebasan.

Piri- Dreamcatcher

Piri sendiri merupakan alamat musik tiup tradisional asal Korea. Piri terbuat dari bambu hampir seperti seruling.

Lagu ini sangat enak di dengarkan karena menggabungkan musik rockpop dengan melodi alat musik piri pada lagu “PIRI,”. Walau lebih mencolok suara musik pop rocknya, namun nada asli Piri dapat ditemukan di bagian chorus. Suara itu unik untuk didengarkan.