Hallyuvibe!
Idola yang Menuliskan Lagu untuk Grup di luar Agensi

Idola Ini Tuliskan Lagu untuk Grup di luar Agensi Mereka

Sebuah lagu akan sempurna jika menemukan penulis dan producer yang tepat. Beberapa agensi memiliki penulis dan produser yang sudah dipercayai, namun tak jarang banyak idola yang berkesempatan untuk menulis dan memproduksi karya mereka sendiri. Tentu hal tersebut sudah terdengar luar biasa, namun akan terdengar luar biasa lagi jika mereka menulis untuk idola lain — satu agensi atau luar agensi.

Idola yang Menuliskan Lagu untuk Grup di luar Agensi

Ternyata Hvibers, beberapa lagu yang kita dengar ditulis oleh idola dari agensi lain loh? Penasaran siapa aja?

Mari kita mulai dari perwakilan self producing idol, Woozi SEVENTEEN. Woozi SEVENTEEN merupakan penulis sekaligus producer untuk lagu SEVENTEEN yang bernaung di PLEDIS Entertainment, namun tak disangka ia juga menulis lagu untuk grup lain. Lagu yang terkenal hasil karya Woozi adalah I.O.I – Downpour, jebolan ajang Produce 101. Lagu itu masih eksis sampai sekarang dan digunakan oleh sebagian penggemar sebagai lagu terbaik I.O.I karena mengingatkan pada perjuangan I.O.I. Selain itu ia juga menulis lagu artis milik CJ E&M Fromis_9 Love RUMPUMPUM dan Rocket3 Entertainment Ailee X Eric Nam Fallin.
Review Drama Korea Romance Is Bonus Book “ Belajar Kehangatan Dari Sebuah Buku”

Kedua adalah Zico, pemilik KOZ Entertainment ini ikut terlibat dalam penulisan lagu dari agency lain. Tahun 2020 lalu, ia berkontribusi dalam menulis lagu bagi artis di bawah naungan SM Entertainment. Artis tersebut adalah Super Junior. Zico terlibat dalam menulis lagu di album repackage Super Junior – 2YA2YAO. Bahkan ia juga ikut menulis lagu bagi penyanyi PSY dengan judul I luv It. Pemilik lagu Any Song ini juga menulis lagu untuk Sejeong ‘Gugudan’ – Flowers Road yang berasal dari agensi Jellyfish Entertainment.

 

Idola selanjutnya adalah Suga BTS, HYBE Label. Selain RM, Suga merupakan producer bagi Tim dan artis lainnya. Buktinya ia pernah memproduksi lagu milik Heize feat. GIRIBOY – We Don’t Talk Together dari agensi stone Music Entertainment. Ia bahkan terlibat dalam lagu milik grup idolanya, Tablo. Suga terlibat dalam pembuatan lagu Eternal Sunshine – Epik High.

Review Drama Korea Romance Is Bonus Book “ Belajar Kehangatan Dari Sebuah Buku”

Jebolan Produce lainnya yaitu Wannaone, juga diciptakan lagunya oleh idol producer satu ini. Ia adalah Hui Pentagon — Cube Entertainment. Hui berkesempatan memproduseri lagu single debut mereka yaitu Energetic. Dalam menuliskan lagu, Hui berkerjasama dengan groupmatenya yaitu Wooseok. Hui juga menuliskan lagu bagi jebolan Produce 101 Jepang, JO1. Ia menciptakan lagu berjudul OH EH OH untuk JO1. Hui juga menulis lagu bagi artis agensi A Team Entertainment, VAV, dengan judul 119.

Idola yang Menuliskan Lagu untuk Grup di luar Agensi

Cube Entertainment juga dikenal karena artis mereka menulis lagu untuk dirinya sendiri, selain Hui, leader (G)I-DLE Soyeon menuliskan lagu debut solo bagi senior di luar agensi yaitu Nam Joo, A-Pink. Nam Joo di bawah naungan Play M Entertainment itu dibuatkan lagu berjudul Bird.

Young K dan Wonpil DAY6 terlibat dalam penulisan lagu dari agensi lain di luar JYP ENTERTAINMENT. Mereka menuliskan lagu bagi artis di bawah naungan TOP Media yaitu UP10TION. Lagu itu berjudul Stuck on You. Selain itu Young K bahkan menuliskan 4 dari 5 lagu milik Eric Nam dalam mini album ke 4 The Other Side. Lagu tersebut diantaranya Trouble With You,” “Paradise,” “How You Been,” dan “Love Die Young (Versi Korea).”

Tak Kalah ketinggalan adalah LE EXID — Banana Culture. Per Oktober 2020 tahun lalu, tercatat ia telah memiliki 67 copyright lagu di KOMCA. Ia pernah menciptakan lagu untuk artis agensi Yuehua Entertainment, EVERGLOW ‘Let Me Dance’. Selain itu LE menulis lagu untuk Hyuna —Blacklist saat maish di bawah naungan Cube Entertainment. Lagu lainnya yang ditulis oleh LE adalah K. Will – Sweet Girl dan Verbal Jint-Under The Ears.

Itulah beberapa idola yang menuliskan lagu bagi artis di luar agensi mereka. Jika ada idola kalian yang menulis untuk idola lain, Yuk share di kolom Komentar!

tachan

Tukang scroll twitter buat fangirlan ♡
Suka nyambungin moment bias

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.