Bedah Teori Psikopat Dalam Drama Korea Mouse

0
17
Drama Korea Mouse Psikopat

Drama Mouse yang ditulis oleh Choi Ran ini berkisah tentang banyaknya korban-korban pembunuhan yang dibunuh dengan kejam oleh psikopat gila yang sangat membenci Tuhan. Untuk mengungkap dibalik pembunuhan tersebut, seorang detektif korea bernama Koo Moo Chi (Lee Hee Jun) bekerja sama dengan polisi bernama Jung Bareum ( Lee Seung Gi). Moo Chi sendiri merupakan anak dari korban pembantaian oleh psikopat yang terkenal dengan nama Head Hunter/Han Seo Joon.

Drama Mouse ini sendiri membuka sebuah cerita seorang peneliti bernama Daniel Lee yang bisa memeriksa suatu gen psikopat janin dalam kandungan. Sehingga membuka banyak pertanyaan “mampukah sebagai orang tua bertahan dengan kekhawatiran anak dalam kandungannya psikopat atau bukan? Atau justru memilih membunuh anak kandung karena hasil 99% gen psikopat meski ada 1%nya gen genius?”

Karena drama ini penuh dengan misteri soal siapa psikopat sebenarnya, banyak pula netizen yang berspekulasi dan membuat teori termasuk tim Hallyuvibe yang juga membuat teori dalam drama Mouse.

Korban Kebalikan 7 Dosa Besar

7 opposite Deadly Sins/ 7 kebalikan dosa besar ini merupakan sekumpulan korban pembunuhan yang dibunuh psikopat dengan berbagai macam cara. Namun memiliki identik yang sama yaitu jari tengah korban dipatahkan dan menunjuk arah salib. Sehingga Koo Mo Chi menganggap bahwa psikopat ini memiliki dendam terhadap Tuhan. Selain itu para korban memiliki cerita kehidupan yang berbeda dari 7 deadly sins tapi psikopat tersebut membuat cerita korban seolah dongeng anak. 

  1. Byun Soon Young (nafsu)
    Byun Soo Young merupakan wanita yang selama hidupnya hanya hidup untuk anaknya, simbol cerita yang ingin dibuat oleh psikopat yaitu dongeng si kerudung merah yang memiliki arti keinginan menjinakan serigala. Mayat byun soo young ditemukan dengan mengenakan topi berwarna merah. Dalam dosa yang pertama psikopat menganggap bahwa byun soo young ini merupakan manusia yang melakukan dosa karena tidak memiliki nafsu. 

  2. Park Jong Ho (kemalasan)
    Park Jong Ho merupakan pria yang tidak pernah berhenti untuk bekerja keras. Sehingga psikopat menganggap bahwa Jong Ho sudah melakukan dosa karena tidak memiliki rasa malas. Mayat jong ho ditemukan terdapat jangkrik yang sudah membusuk di tenggorokan. Cerita yang ingin dibangun oleh psikopat yaitu dongeng Semut dan belalang yang menceritakan kisah kemalasan belalang.

  3. Jo Mi Jung (kerakusan)
    Jo Mi Jung merupakan food vlogger yang mengidap bulimia. Jo mi jung ini setelah diidentifikasi mayatnya ternyata dipindahkan sejauh 10 km ke rumah kaca. Cerita yang ingin dibangun oleh psikopat yaitu Dongeng rubah dan anggur yang memiliki moral value “rubah yang rakus”. Jo mi jung dibunuh karena dianggap terlalu banyak makan tapi ternyata dia muntahkan karena tidak ingin bertambah gemuk.

  4. Na Chi Kook (kesombongan)
    Na chi kook merupakan teman bareum yang hampir dibunuh. Kondisinya kritis dengan jari tangannya yang dipotong. Na Chi kook ditemukan setengah telanjang, psikopat ingin membangun cerita dari dongeng pakaian baru kaisar. dongeng ini memiliki moral value yaitu meledek kesombongan kaisar yang tidak sadar bahwa ia telanjang karena mabuk kekuasaan. Alasan Na chi kook dibunuh yaitu psikopat melihat interview na chi kook yang rendah hati saat menolong anak yang menjadi korban bullying. 

  5. Kim Sun Gyu (keserakahan)
    Korban kelima yaitu kim sun gyu yang dianggap seorang tuna wisma namun ternyata dulunya merupakan orang kaya yanag mendonasikan seluruh hartanya. Kim sun gyu ditemukan dengan kapak sebagai senjata pembunuhan. Psikopat ingin membangun cerita mengenai pemotong kayu yang jujur dengan moral value penebang kayu yang serakah yang mencoba mengambil berbagai kampak. Alasan kim sun gyu dibunuh yaitu karena menjadi manusia yang tidak serakah.

  6. Koo Moo Won (Kemarahan)
    Koo Moo Won merupakan kakak dari detektif koo moo chi yang juga merupakan korban dari pembunuhan head hunter. Karena pembunuhan head hunter terhadap keluarganya dan dia menjadi korban yang selamat, namun Koo mo won menjadi cacat. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjadi pendeta. Koo Mo Won dibunuh karena dianggap berdosa karena dalam wawancaranya di TV ia bilang telah memaafkan head hunter meskipun sudah membunuh kedua orang tua dan membuat dirinya cacat. Psikopat ingin membangun cerita dari dongeng The wolf & young goat. 

  7. Kim Han Kook (iri hati)
    Kim Han Kook merupakan anak yang muncul di TV dalam wawancara karena mencari ayahnya dan membuat banyak orang simpati terhadapnya. Han Kook diculik dengan dipancing menggunakan roti. Psikopat ingin membangun cerita dongeng hansel & gretel. Alasan kim han kook diculik dan dibunuh adalah karena memiliki dosa karena tidak merasa iri meski tau kehidupan keluarga baru ayahnya.

Sherlock Choi Hong Ju TV

Image

– Ada 2 pengirim barang datang ke studio : tim Koo moo chi delivery man dan deliveryman yang disuruh killer, datang membawa file video fake hankook menggunakan topeng goatman

– Dokumen dari killer ditaruh di loker Stasiun Shimjeon

– Rekaman CCTV menunjukkan loker 13 & 14 masih kosong, lalu banyak orang lalu lalang dan menutup daerah loker dan tidak begitu jelas siapa yang ada dekat loker. Lalu loker no 13 sudah terisi

– Kim han kook taruh dokumen di loker no 14

– Dokumen no 13 berisi video fake hankook yang diikat di kursi masih menggunakan topeng goatman, video ini dibuat oleh killer

– Dokumen no 14 berisi video yang harus dipulihkan terlebih dahulu yang ternyata adalah video pembunuhan korban Koo Moo Won ( Kakak kandung dari Koo Moo chi)

– Bareum mencium aroma mint di sekitar lokasi pembunuhan Koo Moo Won

– Killer melempar lilin gereja menggunakan tangan kanan

– bong Yi mengenai tangan kiri killer menggunakan pisau (tangan kiri killer terluka)

Pertanyaannya adalah bagaimana 7 Great sins Killer bisa tau rencana dari Koo Moo Chi & Team? Apakah karena memang psikopat sendiri berasal dari salah satu dari mereka?

Apakah Jaehoon adalah Bareum?

Image

Kemungkinan besar bareum adalah Jaehoon. Karena jaehoon ini kan membunuh keluarganya meski akhirnya dia lolos tes kebohongan. Tapi Setelah kasus pembunuhan itu, Jaehoon tinggal sendiri dan berganti nama. Mungkin ini alasan kenapa bareum tidak kuliah. Beda sama Yohan yang justru sekolah kedokteran karena tinggal bersama Sung ji eun. Kalau Yohan adalah Jaehoon maka ga mungkin Sung Ji Eun sesayang itu sama anaknya yang psikopat.

Itulah kenapa setelah operasi otak dan mendapatkan cangkok otak dari Yohan, Bareum samar-samar mengingat kenangan anak kecil berbaju kuning membawa tikus yang dikasih ke uler. Selama ini Bareum berpura-pura jadi polisi yang lemah, baik hati dan mual kalau liat mayat. Persis kayak Han seo joon yang pura- pura punya rasa empati padahal dia psikopat. Bareum pun selama ini akting doang.

Apakah First Male Lead gak bisa jadi psikopat?

teori drama mouse

– Dari awal percobaan pembunuhan Na Chi Kook di penjara ini emang mengarahkan ke Bareum karena perkataan Na chi kook soal psikopat yang gak punya empati melukai perasaannya

– Foto yang ada di ruang bawah tanan rumah Yohan itu karena Yohan sedang menyelidiki Bareum. Itulah alasan kenapa Yohan mau membunuh bareum karena bareum yang ternyata anak kandung Han seo joon (head hunter) udah menyulitkan hidup dia sampai dia masuk rumah sakit karena di bully teman sekolahnya. Tapi di satu sisi dia tau bahwa ibunya dulu gagal membunuh jae hoon (bareum). Foto yang dimiliki sama Yohan pun foto yang sama yang dimiliki pihak kepolisian

– Sung Ji Eun (ibunya Yohan) mual ketika papasan dengan Bareum, menandakan dia udah jijik banget sama anaknya dan trauma karena memiliki anak psikopat

– Ketika siuman pasca operasi otak, bareum liat burung dan langsung bunuh burungnya dengan cara dipatahin gitu aja

– Kalau diperhatikan, kondisi kaki bareum yang pincang itu gonta ganti. Ya masa kedua kakinya sakit? bisa jadi ini tipuan bareum doang

– Inget scene Bareum asik sendiri menggambar mayat ? Itu karena fantasi psikopatnya. jadi bukan karena dapet transplantasi otak yang bikin dia jadi psikopat. pada dasarnya Bareum memang psikopat. tapi sayangnya dia amnesia dan meyakini kalau dia itu manusia yang baik. Karena gak mungkin dengan cangkok otak bikin Bareum yang terkenal lemah jadi lebih kuat kan?

– Bareum ini dapet transplantasi otak bagian lobus frontal, which is bagian itu adalah mengatur emosi, pengendalian gerakan tubuh, pengendalian diri dan merencanakan sesuatu.

– Ada scene saat Yohan nanya ke ibunya “kau sudah tau kan bahwa anakmu pembunuh?”. Kalimat yang dipakai yohan ke ibunya ini menunjuk kata ganti orang, jadi bukan sebagai penekanan bahwa dia yang psikopat, tapi ada anak kandung ibunya yang ternyata psikopat dan ibunya tau akan hal itu.

– Ada scene ketika bareum mengunjungi Han seo joon dipenjara lalu dia bilang agar Bareum tidak dikuasai oleh otak Yohan? apakah kalimat itu menunjukkan bahwa Seojun care dan gak pengen Bareum jadi psikopat kayak Yohan? bukan itu. Justru kebalikannya. Seojun tau Yohan bukan psikopat melainkan bareum yang psikopat.

– Alasan Seojun itu jadi head hunter karena iri kepada Daniel yang lebih dulu dikenal di seluruh dunia atas pencapaiannya untuk tes DNA psikopat. Sedangkan dia juga punya ambisi ingin terkenal di seluruh dunia atas risetnya yang berhasil. Maka kalau ternyata bareum jadi psikopat maka nama Han seo joon akan terkenal sebagai dokter yang berhasil melakukan transplantasi otak. Sedangkan publik udah banyak menyoroti Bareum bahkan dia dijuluki pahlawan nasional.

– Ada yang mencurigakan dari tatapan mata bibinya Bareum dan foto masa kanak2 bareum.

– Setiap kali Bareum bantu Moo chi memecahkan kasus dan dia ngasih alasan “aku bisa merasakannya” itu karena sudut pandang Bareum memang sebagai psikopat berpengalaman jadi jelas bisa tau strategi apa yang dilakukan psikopat ketika membunuh korbannya

Image

Jadi Menurut Kalian siapa pembunuhnya?